10 Orang Terkaya di Dunia, Apa Saja Bisnis Mereka?

Rabu, 11 Mei 2022 14:44
int
Elon Musk.

digtara.com – Sejumlah nama yang tercatat sebagai orang-orang paling tajir di dunia punya harta yang setara atau bahkan lebih besar dari PDB beberapa negara sekaligus.

Di balik kekayaan orang-orang terkaya di dunia ternyata ada pekerjaan atau usaha yang mereka jalankan sehingga bisa menjadi orang sukses.

Bukan hanya uang, kekayaan mereka tersebar di beberapa aset, seperti investasi saham, properti, perusahaan, dan masih banyak lagi.

Berikut daftar 10 orang terkaya di dunia menurut Daftar Miliarder Real-Time Forbes dan Indeks Miliarder Bloomberg per 29 Desember 2021.

1. Elon Musk

Elon Musk ini lahir di Pretoria, Afrika Selatan tahun 1971. Dia merupakan anak tertua dari tiga bersaudara yaitu Kimbal Musk dan Tosca Musk.

Pada 1995, Elon dan Kimbal mendirikan sebuah perusahaan konten online yang diberi nama Zip2. Setelah berhasil berkembang, pada tahun 1999 Zip2 diakuisisi AltaVista dengan nilai mencapai $300 Juta.

Elon Musk juga merupakan sosok dibalik kehadiran Paypal, sebuah layanan keuangan online yang dapat mempermudah transaksi antar negara.

Musk merupakan CEO Tesla, serta pendiri dan CEO SpaceX. Dia juga dikenal sebagai pendiri Neuralink dan pendiri The Boring Company. Musk membagi waktunya antara SpaceX, Tesla dan proyek-proyek seperti Hyperloop, jalur kereta berkecepatan sangat tinggi yang diusulkan.

Saham Tesla naik sekitar 60% tahun ini, dan perusahaan mencapai kapitalisasi pasar US$ 1 triliun untuk pertama kalinya pada Oktober. Musk belum lama ini juga menjual jutaan saham Tesla untuk membayar tagihan pajak senilai US$ 12 miliar yang dilaporkan terkait dengan paket opsi saham yang diterima pada 2012.

2. Jeff Bezos

Jeff Bezos memulai bisnis e-comemrce Amazon di garasinya pada 1994. Bezos juga telah banyak berinvestasi dalam teknologi luar angkasa dan juga memiliki surat kabar The Washington Post.

Setelah mengundurkan diri sebagai CEO Amazon, ia mengambil peran baru sebagai ketua eksekutif pada perusahaan e-commerce tersebut. Pria berusia 57 tahun itu juga telah menghabiskan lebih banyak waktu untuk inisiatif seperti Bezos Earth Fund, perusahaan pesawat ruang angkasanya yang diberi nama Blue Origin, The Washington Post dan Amazon Day 1 Fund.

3. Bernard Arnault

Dengan total kekayaan US$ 176 miliar (Rp 2.511 triliun), Arnault adalah orang Eropa pertama terkaya yang masuk dalam daftar ini. Pria asal Prancis itu merupakan ketua dan CEO dari perusahaan mode ternama dunia Moët Hennessy Louis Vuitton (LVMH). Perusahaan ini membawahi grup yang terdiri lebih dari 70 merek mewah, termasuk Louis Vuitton, Moët & Chandon, dan TAG Heuer, hingga Sephora.

Laman: 1 2 3 4

Berita Terkait