Pakar Hukum: Warkopi Sudah Langgar Pidana Hak Cipta

Jumat, 24 September 2021 12:06
ist
Trio Warkopi bisa dijerat pidana terkait pelanggaran hak cipta

digtara.com – Tindakan Warkopi yang muncul lalu dengan meniru legenda Warkop DKI dinilai sudah masuk katagori melanggar pidana hak cipta. Apalagi Warkopi sudah mendapat keuntungan dari tindakan tersebut.

“Melanggar, karena mereka (Warkopi,red) tanpa hak atau tanpa izin sudah mendapatkan keuntungan dengan menyiarkan atau menyebarluaskan konten dengan menyerupai pelaku pertunjukan yang memiliki hak terkait dari hak cipta,” kata Praktisi hukum Noviar Irianto melansir CNNIndonesia.com, Jumat (24/9/2021).

Hak cipta Warkop DKI kini dipegang Indro dan ahli waris Dono dan Kasino.

Menurut Noviar, hak cipta diatur dalam Undang-Undang Nomor 28 Tahun 2014 Tentang Hak Cipta (UU Hak Cipta). Di dalamnya dijelaskan bahwa hak cipta merupakan bagian dari kekayaan intelektual yang memiliki objek dilindungi.

“Pemegang hak cipta dari sebuah film itu eksekutif produser. Kalau mau tahu siapa pemegang hak cipta film-film Warkop, lihat saja siapa eksekutif produser film itu,” kata Noviar.

“Pelaku pertunjukan ini kalau dalam film aktor. Jadi yang dilindungi adalah hak terkait yang melekat pada aktor. Misalnya cara bicara, gaya jalan, pakaian dan lain-lain dari karakter yang diperankan aktor tersebut.”

Laman: 1 2

Berita Terkait