Bintangi Lebih dari 80 Film, Ini Daftar Film India Terbaik Shah Rukh Khan

Minggu, 09 Januari 2022 08:00
Shah Rukh Khan dalam Film Chak De!

digtara.com – Shah Rukh Khan, aktor kawakan asal India satu ini begitu banyak membintangi judul-judul film. Beberapa film India Shah Rukh Khan terbaik berikut bisa Anda tonton ulang.

Shah Rukh Khan merupakan aktor sekaligus produser film asal India kelahiran 2 November 1965. Membintangi lebih dari 80 film sepanjang kariernya, Khan mendapatkan julukan sebagai ‘King of Bollywood’.

Tak hanya itu, berbagai penghargaan juga pernah diraihnya. Dia juga pernah mendapatkan penghargaan Padma Shri dari pemerintah India. Hal-hal tersebut membuatnya menjadi salah satu bintang film paling sukses di dunia.

Khan memulai kariernya di sejumlah serial televisi pada era 1980-an. Deewana (1992) menjadi debut Bollywood-nya.

Praktis sejak saat itu, sejumlah film telah dibintanginya.

Berikut beberapa rekomendasinya, menukil referensi dari iMDb.

1. Swades (2004)

Bintangi Lebih dari 80 Film, Ini Daftar Film India Terbaik Shah Rukh Khan
Swades, melihat masalah dari akarnya

Di film Swades, Shah Rukh Khan menemani debut film aktris Gayatri Joshi. Dalam film yang disutradarai oleh Ashutosh Gowariker ini, Khan berperan sebagai Mohan, seorang pria asal India yang pulang kampung untuk membawa serta pengasuh masa kecilnya pergi ke Amerika Serikat (AS) bersamanya.

Swades sendiri, dalam bahasa Indonesia, berarti ‘tanah air’. Film ini mengangkat perbedaan mencolok antara kehidupan Mohan sebagai peneliti lembaga NASA di AS yang glamor, dengan kondisi salah satu desa di India yang miskin.

Saat dirilis pada 2004 lalu, Swades mendapatkan banyak pujian. Tak hanya itu, film ini juga disebut-sebut sebagai salah satu penampilan terbaik Khan.

2. Chak De! India (2007)

Bintangi Lebih dari 80 Film, Ini Daftar Film India Terbaik Shah Rukh KhanFilm India Shah Rukh Khan berikutnya adalah Chak De! India yang dirilis pada 2007 lalu. Disutradarai oleh Shimit Amin, film ini berkisah mengenai tim hoki wanita nasional India.

Dalam film ini, Shah Rukh Khan berperan sebagai Kabir Khan, pelatih tim hoki wanita. Ia juga merupakan mantan kapten tim hoki pria nasional.

Dirilis tepat pada hari kemerdekaan India ke-60, film ini meraih banyak pujian. Film ini juga berhasil memenangkan sejumlah penghargaan bergengsi.

3. Dilwale Dulhania Le Jayenge (1995)

Dilwale Dulhania Le Jayenge atau kerap disingkat DDLJ merupakan salah satu film lawas India era 1990-an. Disutradarai oleh Aditya Chopra, film ini mengambil tema romansa.

Dalam film ini, Khan beradu akting dengan Kajol, sesama pemain film India kawakan. Khan berperan sebagai Raj yang jatuh cinta pada Simran (diperankan Kajol). Namun, cinta keduanya tak berjalan mulus, berbagai rintangan harus dilalui terlebih dahulu.

4. My Name Is Khan (2010)

My Name Is Khan menjadi salah satu film populer yang dibintangi Shah Rukh Khan. Film garapan sutradara Karan Johar ini mengangkat isu sosial terkait Islamophobia.

Khan sendiri berperan sebagai Rizwan, seorang pria Muslim penyandang autisme. Ia tinggal di AS bersama saudara laki-lakinya, Zakir.

Islamophobia yang terjadi di AS membuat Khan ingin menemui Presiden AS. Ia bertekad untuk mengubah pandangan penduduk AS tentang Islam.

Laman: 1 2

Berita Terkait