Uji Materi Ganja Medis Ditolak MK, DPR Usulkan Revisi UU Narkotika

Rabu, 20 Juli 2022 20:36
int
Uji Materi Ganja Medis Ditolak MK, DPR Usulkan Revisi UU Narkotika

digtara.com – Gugatan uji materi Undang-Undang Narkotika Nomor 35 Tahun 2009 mengenai ganja medis ditolak Mahkamah Konstitusi (MK). Komisi III DPR RI akan mengambil langkah lain untuk memperjuangkan legalisasi ganja medis.

Anggota Komisi III DPR Asrul Sani mengatakan, pihaknya akan melakukan legislative review atau revisi Undang-Undang Nomor 35 Tahun 2009 tentang Narkotika.

“Tak usah kecewa sebab masih ada jalan lain menuju Roma. Jalan lainnya legislative review. Yang ditolak itu judicial review dan itu tidak mengatakan pasal itu tidak boleh dirubah,” kata Arsul Sani saat ditemui di Gedung DPR, Jakarta, Rabu (20/7/2022).

Dalam hal ini, Komisi III akan mengusulkan Pasal 8 Ayat 1 UU Narkotika untuk direvisi.

“Perubahan bunyi dari Pasal 8 Ayat 1 yang kami usulkan itu nanti kira-kira seperti ini, narkotika golongan 1 dapat dipergunakan untuk keperluan pelayanan kesehatan dengan syarat-syarat dan ketentuan-ketentuan yang ditetapkan dalam satu peraturan perundangan,” jelas legislator dari Fraksi PPP.

Ia mengatakan, pembahasan tersebut akan dilakukan saat sidang setelah masa reses (libur) anggota DPR selesai, kemungkinan setelah tanggal 17 Agustus 2022.

“Tentu sambil dibarengi dengan melakukan RDPU (rapat dengar pendapat umum) bersama para dokter, ahli farmasi,” tutur Arsul.

Lebih lanjut, Arsul menegaskan DPR maupun Komisi III tidak sedang berusaha melegalkan ganja untuk kesenangan. Namun, hanya untuk keperluan medis.

“Memang ada obat yang ada campuran ganjanya, dan itu bisa dipergunakan untuk mengobati penyakit,” jelasnya.

Laman: 1 2

Berita Terkait