Sosok Zahran Auzan, Hafidz Muda Asal Langkat Jadi Runner Up pada MTQ Internasional di Arab Saudi

Jumat, 23 September 2022 17:57
kemenag
Zahran Auzan, hafidz asal Langkat menjadi runner up hifdzil Quran 30 juz pada ajang 'King Abdul Aziz Internasional Holy Qur'an Contest' di Arab Saudi

digtara.com – Zahran Auzan, hafiz atau penghafal Alquran  asal Kabupaten Langkat, Provinsi Sumatera Utara (Sumut) berhasil mengharumkan nama Indonesia di pentas internasional.

Remaja 13 tahun itu sukses menjadi runner up alias juara kedua pada Musabaqoh Tilawatil Quran (MTQ) internasional di Arab Saudi, pertengahan pekan kemarin.

Mewakili Indonesia, Auzan mampu bersaing dengan 50 negara lainnya.

Diketahui, agenda tersebut diselenggarakan di King Abdul Aziz Internasional Holy Quran Contest, Arab Saudi. Gelaran ini merupakan yang ke-42. Remaja yang yang akrab disapa Uzan ini duduk di kelas satu Tsanawiyah di Kecamatan Pura, Kabupaten Langkat.

Kasubdit Lembaga Pengembangan Tilawah dan Musabaqah Al-Qur’an dan Al-Hadits Kemenag, Rijal Ahmad Rangkuty menyatakan, prestasi Auzan merupakan bukti kualitas anak bangsa.

Rijal berharap, prestasi Auzan menginspirasi generasi muda.

“Ini merupakan berita gembira untuk masyarakat Indonesia sekaligus penanda bahwa generasi kita mampu bersaing di kancah internasional,” ungkap pria yang juga hafal 30 juz Al-Qur’an ini.

Rijal juga mengapresiasi kerja keras orang tua Auzan dan Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur’an (LPTQ) Provinsi Sumatera Utara. Menurutnya, prestasi cemerlang Auzan berkat pelatihan dan bimbingan yang diberikan sejak dini.

“Ini inspirasi untuk anak-anak dan orang tua seluruh Indonesia. Ini salah satu keberhasilan pembinaan dan pendidikan sejak dini yang diberikan orang tua dan LPTQ Sumut,” imbuhnya.

“Selamat kepada Auzan, di usianya yang baru 13 tahun berhasil mengharumkan nama Indonesia di kancah internasional,” pungkasnya.

Pada cabang 30 juz MHQ Internasional Tahun 2022 di Arab Saudi, juara 1 diraih Achmad Achiri asal Maroko, juara 2 Zahran Auzan asal Indonesia, juara 3 diraih Abdoulie Njie asal Gambia. Juara 1 berhak mendapatkan uang pembinaan 200.000 riyal, juara 2 mendapatkan 185.000 riyal, dan juara 3 mendapatkan 170.000 riyal.

Indonesia Mengirimkan 2 Orang

Pada ajang itu, Indonesia mengirimkan dua orang. Keduanya yakni Imaduddin Rajaby asal Jawa Timur dan Zahran Auzan asal Sumatra Utara.

Laman: 1 2

Berita Terkait