Selamat, Italia Juara Eropa!

Senin, 12 Juli 2021 05:00

digtara.com – Italia akhirnya melengkapi penampilan apik sepanjang Piala Eropa atau Euro 2020 dengan menjadi juara. Di final, Azzurri menaklukkan Inggris lewat adu penalti.

Pada duel di Stadion Wembley, Senin (12/7/2021), Inggris unggul lebih dulu melalui Luke Shaw di menit ke-2. Italia menyamakan kedudukan melalui Bonucci pada menit ke-67.

Selama 90 menit dan babak tambahan tidak ada gol tercipta sehingga laga berlanjut ke adu penalti.

Di adu penalti Italia unggul 3-2.

Babak Pertama

Lewat permainan apik dan agresif, tuan rumah Inggris berhasil unggul 1-0 atas Italia di babak pertama.

Berawal dari umpan silang Kieran Trippier dari sisi kanan, disambut tendangan first time Luke Shaw yang membobol gawang Gianluigi Donnarumma.

Italia yang tertinggal 0-1 coba merespon. Peluang datang dari tendangan bebas Lorenzo Insigne tetapi eksekusinya masih belum membahayakan gawang Jordan Pickford.

Setelah peluang yang didapat Italia, Inggris tampil begitu nyaman. Tiga Singa terus melancarkan tekanan dan mendominasi permainan di 15 menit pertama pertandingan.

Azzurri perlahan bangkit dan baru mulai bisa menemukan ritme permainan memasuki pertengahan babak pertama.

Dikomandoi Jorginho, Gli Azzurri memainkan bola-bola pendek untuk membongkar pertahanan Harry Maguire dan kawan-kawan.

Pada menit ke-28, Insigne coba melepaskan tembakan spekulasi ke gawang Inggris. Namun, usahanya belum maksimal karena bola tendangannya sama sekali tidak berbahaya untuk Pickford.

Italia mendapatkan peluang terbaik untuk mencetak gol di babak pertama pada menit ke-35.

Aksi individu Federico Chiesa mengelabui pemain-pemain Inggris diakhiri dengan tendangan dari luar kotak penalti. Namun tendangannya masih menyamping di sisi kanan gawang Pickford.

Italia yang semakin dominan mendapatkan dua peluang lainnya pada masa injury time babak pertama. Akan tetapi peluang yang didapat Ciro Immobile dan Marco Verratti masih belum berujung gol.

Skor 1-0 untuk keunggulan Inggris atas Italia tidak berubah hingga babak pertama usai.

Babak Kedua

Laman: 1 2 3