Polda Sumut Gerebek Kilang Beras di Deliserdang, Diduga Oplos Beras Medium Menjadi Premium

Jumat, 01 Juli 2022 19:08
ist
Tim Ditreskrimum Polda Sumut sempat dihadang saat hendak melakukan penyelidikan ke gudang beras PT Tani Jaya Sukses di Desa Ramunia, Pantai Labu, Deliserdang

digtara.com – Polda Sumatera Utara mengakui telah melakukan penggerebekan kilang beras milik PT Tani Jaya Sukses Pangan di Desa Ramunia, Kecamatan Pantai Labu, Kabupaten Deliserdang. Kini, polisi tengah mendalami dugaan pengoplosan beras medium menjadi premium.

Dirkrimsus Polda Sumut Kombes John Charles Nababan mengatakan, pihaknya telah mengambil beberapa sampel guna diperiksa ke laboratorium Dinas Ketahanan Pangan Sumut.

Hal itu dilakukan untuk menguji apakah beras tersebut masuk dalam katagori beras premium.

“Hari ini kita sudah kirim surat ke dinas ketahanan pangan untuk nantinya diperiksa bahan yang dibawa,” ucapnya kepada wartawan, Jumat (01/07/2022).

Polisi menduga beras yang dijual oleh PT Tani Jaya Sukses Pangan dengan sejumlah merk beras, sebenarnya berkualitas sedang. Namun dikemas dan diberi tulisan premium untuk meraup keuntungan lebih.

Indikasinya seluruh bahan beras tersebut sama.

“Untuk beras medium ada bahan bakunya sendiri dan bahan baku beras premium sudah ada. Namun yang kita temukan indikasinya sama semua bahannya, satu bahan beras medium diolah menjadi premium,” ucapnya lagi.

Berdasarkan aturan yang berlaku beras kategori premium harus lulus uji dan dilengkapi dengan Sertifikat Mutu Beras Premium.Polda Sumut Akui Gerebek Kilang Beras di Deliserdang, Diduga Oplos Beras Medium Jadi Premium

Namun saat polisi mengecek ke PT Tani Jaya Sukses Pangan di Desa Ramunia, Kecamatan Pantai Labu, Kabupaten Deli Serdang polisi menemukan dugaan perusahaan memanipulasi kualitas beras.

Berdasarkan informasi yang dihimpun polisi, PT Tani Jaya Sukses Pangan diduga mendapat keuntungan 5 ribu hingga Rp 10 ribu perkilogram dari menjual beras kategori sedang yang dikemas ke premium.

Polisi Dituding Merampas, Videonya Viral

Laman: 1 2

Berita Terkait