Pakar: Bjorka Bukan Hacker, Hanya Pengepul Data

Selasa, 20 September 2022 07:50
int
Bjorka.

digtara.com – Bjorka bukanlah seorang hacker atau peretas. Bjorka tak lebih dari seorang pengumpul data atau pengepul data.

Pernyataan ini disampaikan pakar kompetensi keamanan siber, I Made Wiryana dalam acara Rosi yang ditayangkan Kompas TV, Kamis (15/9/2022).

Made yang biasa disebut pawang hacker ini pun mengungkapkan kemungkinan Bjorka mendapatkan data-data yang dipublikasikannya.

“Kita kan tidak tahu dapatnya (data) dari mana ya, bisa membeli, bisa mengumpulkan dengan iming-iming dengan hadiah,” kata Made.

Baca: Penjual Es dari Madiun Cengengesan Mengaku Jual Channel Telegram ke Bjorka Seharga 100 Dolar AS

Sebagai informasi, Bjorka telah membocorkan data pribadi sejumlah pejabat, mulai dari Menkominfo Johnny G. Plate, Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan, Ketua DPR RI Puan Maharani, hingga Menteri BUMN Erick Thohir.

Defenisi Hacker menurut I Made Wiryana

Made menjelaskan bahwa seorang hacker biasanya memiliki rasa penasaran terhadap teknis suatu sistem.

Dia akan mencoba menemukan titik kelemahan atau kerentanan dari sebuah sistem, bukan mempublikasikan data pribadi orang lain.

“Karena, istilahnya, tidak ada rasa penasaran teknis. Ya mungkin dalam mengumpulkan itu, dia memakai social engineering, tapi kalau sebagai hacker technical, dia tidak perlu memiliki keahlian itu (meretas),” jelasnya.

Made juga mengungkap klaim Bjorka yang memiliki data dan telah menyebarkan data tersebut.

Laman: 1 2

Berita Terkait