Jokowi-Ma’ruf Gunakan Dua Instrumen untuk Kampanye Program Kerja

Minggu, 30 Desember 2018 10:10

digtara.com | JAKARTA – ‎Wakil Ketua Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma’ruf Amin, Johnny G Plate mengungkapkan bahwa pihaknya akan fokus menggunakan dua instrumen untuk melakukan kampanye program-program kerja pada Januari 2019.

Dua instrumen tersebut yakni dari segi mikro dan makro. Dari segi mikro, kata Johnny, Jokowi dan Ma’ruf Amin akan mensosialisasikan langsung program kerja dari pintu ke pintu. Sementara dari segi makro, TKN Jokowi-Ma’ruf Amin‎ akan maksimalkan penggunaan media sosial maupun media mainstream.

“Target mikro dan kanvas politik (sosialisasi di masyarakat basis termasuk bentuk door to door). Kampanye makro termasuk melalui media cetak dan media elektronik (televisi dan radio) akan mengikuti aturan yang sudah ditetapkan dalam PKPU,” kata Johnny.

Hal senada juga diungkapkan Wakil Ketua TKN,Abdul Kadir Karding. Kata Politikus Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) tersebut, dua instrumen yang digunakan, yakni melalui cara langsung maupun dengan mengandalkan media.

Hal itu, sambung Karding, bertujuan agar program-program Jokowi-Ma’ruf Amin tepat sasaran dan dapat langsung diserap oleh masyarakat.

“Pada prinsipnya, kami punya dua metode, dua instrumen maksud saya yang digunakan untuk mengkampanyekan sleuruh program-program, gagasan-gagasan, kebijakan-kebijakan, sampai kepad‎a capaian kepada masyarakat,” terang Karding dikonfirmasi terpisah seperti dilansir okezone.

Menurut Karding, TKN Jokowi-Ma’ruf Amin akan mulai lebih memasifkan kampanye lewat medsos dan media mainstream pada bulan Januari 2019. Sementara, gerakan sosialisasi program kerja dari pintu ke pintu lebih ke penonjolan program yang telah berhasil dilakukan oleh Jokowi pada periode pertama.

“Program yang kami anggap penting selain capaian-capain yang sangat menon‎jol di era pak Jokowi mislanya infrastruktur, perbaikan ekonomi, perbaikan di bidang sosial,” ujarnya.

Berita Terkait