Empat Provinsi Alami Tren Peningkatan Kasus Covid-19, Sumut Flat

  • Whatsapp
Empat Provinsi Alami Tren Peningkatan Kasus Covid-19, Sumut Flat
Gubernur Sumut, Edy Rahmayadi mengikuti video confrence yang dipimpin Menko Marves, Luhut Binsar Pandjaitan terkait penanganan  Covid-19, dari Rumah Dinas Gubernur Sumut Jalan Sudirman Medan, Kamis (17/9/2020).  (istimewa)

digtara.com – Sebanyak empat Provinsi di Indonesia mengalami tren peningkatan kasus Covid-19. Namun, Provinsi Sumatera Utara (Sumut) memiliki tren penambahan kasus harian yang flat. Empat Provinsi Alami Tren Peningkatan Kasus Covid-19, Sumut Flat

Menteri Koordinator (Menko) Kemaritiman dan Investasi (Marves), Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan berdasarkan data penambahan kasus harian, 4 provinsi yang mengalami tren peningkatan kasus harian adalah DKI Jakarta, Jabar, Sulsel dan Jateng. Sementara itu, untuk Bali dan Kalsel memiliki trend yang menurun. Sedangkan Jabar, Jatim, dan Sumut memiliki tren penambahan kasus harian yang flat.

“Terkait dengan recovery rate, ada 3 provinsi memiliki tingkat kesembuhan di bawah rata-rata nasional 71,7% yaitu Jateng 64%, Sumut 59%, dan Jabar 55%. Sementara itu, Bali meskipun memiliki recovery rate di atas nasional, namun memiliki tren yang menurun,” katanya saat melakukan video conference virtual dengan Gubernur Sumut, Edy Rahmayadi, Kamis, 17 September 2020.

Muat Lebih

Menurut Luhut, untuk mortality rate secara nasional mencapai 3,97%. Sedangkan Jatim 7,3% dan Jateng 8,1% adalah provinsi yang memiliki angka mortality rate jauh di atas rata-rata nasional. Untuk jumlah kematian absolut, DKI Jakarta dan Bali adalah dua provinsi yang perlu mendapatkan perhatian khusus, karena terjadi kenaikan jumlah kematian mingguan secara signifikan.

“Dalam 7 hari terakhir dibandingkan rata-rata mingguan bulan Agustus, jumlah kematian mingguan di DKI Jakarta naik 66%, sementara Bali naik 9% naik 2 kali lipat, meskipun secara absolut jumlah kematian di Bali masih rendah. Hal ini disebabkan karena Bed Occupancy Ratio yang tinggi di Bali,” ujarnya bersama gubernur dari 7 provinsi lainnya yang tercatat sebagai penyumbang terbesar Covid-19, yakni Kalimantan Selatan (Kalsel), Sulawesi Selatan (Sulsel), Papua, DKI Jakarta, Jawa Barat (Jabar), Jawa Tengah (Jateng) dan Jawa Timur (Jatim).

Luhut menginstruksikan pada seluruh gubernur untuk segera memperbaiki seluruh fasilitas yang ada di rumah sakit, serta membangun pusat karantina dengan meminimalkan karantina mandiri pada pasien yang tanpa gejala, karena dapat menularkan penyebaran di keluarga.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

1 Komentar