Cosmas Balalembang, Juru Parkir yang Hambat Bomber Gereja Katedral

Selasa, 30 Maret 2021 09:34
nusadaily/digtara
Cosmas Balalembang terbaring di rumah sakit

digtara.com – Bukan Satpam seperti yang diberitakan sebelumnya. Ternyata sosok juru parkir bernama Cosmas Balalembang lah yang menghadang dua bomber di pintu masuk Gereja Katedral, Makassar.

Tak terbayangkan olehnya, akibat tindakannya itu, ia menjadi salah satu korban dengan luka berat peristiwa bom tersebut

Namun tindakan tersebut juga mampu meminimalisir korban ledakan bom tersebut. Sebab jika tidak dihadang, bom itu akan dibawa masuk ke gereja dan mengakibatkan jatuhnya korban lebih banyak karena masih ada jamaah yang hendak pulang.

Tidak ada korban jiwa pada peristiwa tersebut, kecuali hanya menewaskan pelaku bom bunuh diri yang disebut pihak kepolisian pasangan suami istri. 19 orang mengalami luka-luka, namun berangsur telah kembali pulih.

Pagi itu, sesuai dengan tugasnya yang mengatur akses keluar masuk kendaraan di Gereja Katedral, secara spontan melarang kendaraan roda dua yang ditumpangi pelaku untuk masuk ke Gereja. Alasannya simpel, ibadah telah selesai dan sejumlah anggota jemaat hendak keluar gereja.

Cosmas juga mulai curiga dengan gerak-gerik pelaku, apalagi salah seorang di antaranya memakai cadar memaksa masuk ke area gereja keuskupan itu.

Ia sempat menahan pasangan itu dengan jarak sekitar 2 meter. Namun, tak lama bom meledak.

Laman: 1 2 3

Berita Terkait