Anggota DPRD Langkat Fraksi NasDem Ditangkap Polisi Gegara Mediasi Warga dengan Perusahaan, Dituduh Menghasut

Kamis, 08 September 2022 16:35

digtara.com – Anggota DPRD Langkat dari Fraksi NasDem, Zuli Hartono alias Tono ditangkap Polisi dari Polres Langkat, Rabu (7/9/22). Dia ditangkap di sekitar kediamannya di Kecamatan Gebang, Kabupaten Langkat.

Tono ditangkap dan diboyong ke Mapolres Langkat lantaran dituduh melakukan penghasutan kepada warga yang ada di daerah pemilihannya (Dapil) yang saat itu tengah sengketa dengan PT. Rapala pada Februari 2022 lalu.

Muhammad Arrasyid Ridho SH MH, penasihat hukum Tono membenarkan penangkapan tersebut dan saat ini statusnya sebagai tersangka.

“Tono diamankan karena diduga melakukan tindak pidana penghasutan, sebagaimana yang dimaksud dalam pasal 160 KUHP. Tono masih menjalani pemeriksaan di Mapolres Langkat, statusnya sebagai tersangka,” ujarnya, Kamis (8/9/22).

Penangkapan Tono diduga setelah ada laporan polisi pasca kedatangannya untuk memediasi persoalan antara warga dengan perusahaan tersebut.

Padahal ia turun ke lokasi atas permintaan masyarakat.

“Selanjutnya, persoalan itu dibawa dalam rapat dengar pendapat (RDP) di DPRD Langkat pada Maret 2022. Kemudian, persolan tersebut berhasil diselesaikan. Antara masyarakat dan pihak perusahaan sudah berdamai,” kata Rasyid.

Sebelum RDP tersebut dilakukan, beber Rasyid, sudah masuk laporan polisi ke Polres Langkat. Laporan itu pun terus berlanjut, meskipun sudah dilakukan perdamaian antara masyarakat dengan PT Rapala.

Dan anehnya, menurut Rasyid, polisi semena-mena menangkap anggota DPRD tanpa prosedur.

Ajukan Praperadilan

Laman: 1 2

Berita Terkait