Jelang Sail Nias 2019, Gubernur Sumut Minta Ruang Tunggu VIP Bandara Binaka Dirapikan

Senin, 02 September 2019 18:42
Gubernur Sumatera Utara, Edy Rahmayadi meninjau Bandara Binaka Nias, dalam rangkap persialan Sail Nias 2019. Edy meminta agar Pemerintah Kabupaten Nias dan Wali Kota Gunung Sitoli segera merapikan ruang tunggu VIP di Bandara Binaka, yang akan digunakan untuk menyambut Presiden Joko Widodo saat membuka gelaran Sail Nias 2019, 14 September 2019 mendatang (ist)

digtara.com | NIAS – Gubernur Sumatera Utara, Edy Rahmayadi, meminta kepada Bupati Kabupaten Nias dan Wali Kota Gunung Sitoli untuk segera merapikan ruang tunggu VIP di Bandara Binaka, Nias.

Permintaan itu disampaikan Edy Rahmayadi saat meninjau langsung Bandara Binaka, Kota Gunung Sitoli, Senin (2/9/2019).

Kedatangan Edy meninjau langsung ke Nias untuk memastikan segala persiapan pelaksanaan Sail Nias 2019 yang akan dihadiri Presiden RI, Joko Widodo, berjalan secara baik

“Beliau datang, ini semua (ruang VIP Bandara) sudah rapi dan selesai. Ini tamu banyak, kerapian dan kebersihan harus diperhatikan. Saya minta Bapak Bupati dan Walikota untuk memperhatikan ini,” ucap Edy Rahmayadi.

Tidak itu saja, Edy juga meninjau sekeliling jalan di sekitar bandara hingga rumah adat yang masih terlihat kurang perawatan. Kadis Budaya dan Pariwisata Pemprov Sumut Ria Novida Telaumbanua juga diperintahkan untuk membantu merehab rumah adat yang ada di sekitar bandara.

“Ini harus kita rawat. Ini kalau terawat jadi subur. Pemerintah mau menjadikan Nias kota wisata. Jadi masyarakat harus turut serta sadar wisata, rumah adat ini merupakan daya tarik wisata,” ucap Edy Rahmayadi.

Jelang Sail Nias 2019, Gubernur Sumut Minta Ruang Tunggu VIP Bandara Binaka Dirapikan
Gubernur Sumatera Utara, Edy Rahmayadi meninjau rumah-rumah adat khas Nias yang ada di sekitar Bandara Binaka. Edy menginstruksikan Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Sumut untuk segera merehabilitasi rumah-rumah adat tersebut (ist)

Sail Nias 2019 diselenggarakan mulai 2-16 September 2019. Pada 14 September 2019, Presiden Joko Widodo akan membuka secara resmi gelaran tersebut.

Di Sail Nias 2019, akan ada 18 rangkaian kegiatan, yang diselenggarakan di lima kabupaten/kota se-Kepulauan Nias. Puncak acara pada tanggal 14 September 2019 akan dilaksanakan di Teluk Dalam, Nias Selatan, dengan beberapa rangkaian kegiatan.

Yakni Wonderful Nias Expo 2019, Kejuaraan Surfing International WS: QS 1500, Pagelaran Budaya dan Kesenian Kolosal dan Bakti Sosial Surya Baskara Jaya TNI AL.

[AS]

Berita Terkait