6 Pesona Wisata Alam Bukit Lawang yang Bisa Anda Nikmati saat Pandemi

Kamis, 13 Mei 2021 15:56

digtara.com – Kawasan wisata alam Bukit Lawang di Kabupaten Langkat, Sumatera Utara, memiliki daya pikat tersendiri. Apa saja yang menarik di sana?

Sejak peristiwa bencana besar berupa banjir bandang yang melanda kawasan tersebut pada tahun 2003, sempat ada kekhawatiran masyarakat untuk berkunjung. Namun, ketakutan itu tak pantas lagi terjadi karena saat ini, kawasan wisata bukit lawang kian membaik.

“Dulu setelah banjir bandang itu memang ada trauma di kalangan penduduk sini. Tapi perlahan-lahan semuanya mulai berbenah dan membangun kembali. Bagaimanapun sumber penghasilan warga di sini ya dari para turis maupun pengunjung lokal maupun dari luar negeri,” ungkap Rizky warga setempat yang ditemui digtara.com, baru-baru ini.

Setelah 17 tahun berlalu dari peristiwa menggemparkan tersebut, tak ada lagi yang harus dicemaskan. Sebab, pemerintah menurutnya sudah lebih pro aktif menjaga hulu sungai dengan membangun dam dan mengawasi debit air.

“Sudah terus diawasi bang. Mudah-mudahan tidak ada lagi peristiwa seperti dulu,” tuturnya.

Saat ini wisata Bukit Lawang masih aktif dan tetap dibuka untuk melakukan kegiatan wisata. Namun berdasarkan ketentuan, yaitu tetap waspada mengingat curah hujan yang
cukup tinggi saat ini dan tetap menerapkan Prokes (Protokol Kesehatan).

Lalu, apa saja yang bisa dinikmati di Bukit Lawang? Berikut enam pilihannya.

Pesona Orang Utan

Di tengah kondisi Pandemi Covid-19, kawasan wisata bukit lawang memang masih lesu. Hanya turis lokal yang kebanyakan hadir disana. Sementara turis mancanegara masih harus melewati prosedur prokes dan kabarnya harus registrasi online untuk bisa hadir di sana.

Namun realita di lapangan sebenarnya tak terlihat prosedural. Para pengunjung juga tampak tak peduli dengan bayang-bayang virus Covid-19. Soalnya, keindahan alam dan kesegaran udara disana bisa melupakan hal yang terjadi saat ini.

Jika berkunjung kesana, ada beberapa titik yang layak dikunjungi sambil treking melintasi hutan di tepi sungai. Yang terkenal salah satunya melihat orangutan di habitat asli Bukit Lawang.

Laman: 1 2 3

Berita Terkait