Pacar Kamu Psikopat, Ini 5 Gejalanya

  • Whatsapp
Pacar Kamu Psikopat, Ini 5 Gejalanya
Ilustrasi: Psikopat (Internet)

digtara.com – Mengenali kondisi psikologis pasangan sangat penting sebelum memutuskan untuk melangkah ke pernikahan. Karena tentunya tak seorang pun ingin menikah dengan pacar yang memiliki kecenderungan psikopat.

Guru Besar Universitas British Columbia, Kanada, Robert D Hare menyebutkan, seorang pengidap psikopat selalu membuat kamuflase yang rumit. Mereka juga memutar balikkan fakta, menebar fitnah dan kebohongan untuk mendapatkan kepuasan dan keuntungan bagi dirinya sendiri.

Kesimpulan itu dicapai setelah Robert melakuan penelitian tentang psikopat selama 25 tahun.

Muat Lebih

Para pengidap psikopat juga cenderung sulit dideteksi karena sebanyak 80% lebih banyak yang berkeliaran daripada yang mendekam di penjara atau di rumah sakit jiwa. Pengidapnya juga sukar disembuhkan.

Atas fakta itu, tentunya kebanyakan orang tak ingin menjalani hubungan dengan pasangan psikopat. Tapi tidak menutup kemungkinan kekasih memiliki masalah kepribadian seperti psikopat. Apalagi banyak ahli menyebut, 1 dari 100 orang berpotensi menjadi psikopat.

Salah seorang ahli dari University of Huddersfield, Calli Tzani Pepelasi mengungkapkan bila tanda-tanda psikopat tak sepenuhnya terlihat, ada tanda-tanda yang sedikit halus. Mereka yang masuk dalam kategori psikopat biasanya memiliki masalah perilaku antisosial yang persisten, gangguan empati, mudah menyesal, memiliki keberanian, ketahanan emosional, impulsif dan sifat-sifat yang sangat egois.

Di sisi lain, mereka juga memiliki sifat positif tertentu seperti memperhatikan detail, pandai membaca orang, dan mudah terlibat dalam percakapan.

Untuk mengidentifikasi apakah pasangan kamu termasuk salah satu penderita psikopat, berikut tanda-tanda yang bisa dikenali sepreti dilansir Metro, Rabu (18/11/2020).

 

Berbohong Terus Menerus

Psikopat cenderung berbohong terus-menerus dan sangat pandai menutupinya. Calli menjelaskan psikopat berulang kali berusaha menipu pasangannya dan akan berbohong tentang apa pun dalam keadaan apa pun untuk menyembunyikan perilaku mereka demi mencapai tujuan.

Merendahkan Kemampuan Orang Lain

Tanda lain dari seorang psikopat adalah merendahkan kemampuan orang lain. Psikopat akan mencoba mengikis harga diri pasangannya dengan membuat mereka meragukan kewarasannya sendiri. Menurut Calli, alasan psikopat melakukan manipulasi itu karena biasanya mempelajari perilaku orang lain dan dengan terampil menggunakannya sebagai pengendali.

 

Kasar

Psikopat memiliki masalah dengan pengendalian diri. Kurangnya kontrol diri bisa membuat mereka bertindak kasar terhadap pasangannya atau bahkan teman-teman pasangan. Tindakannya cenderung memalukan.

 

Mengamuk

Calli mengatakan, ‘Jika seseorang menjalin hubungan dengan psikopat dan berhasil melawan, psikopat akan sering membuat ulah seperti balita yang membuat frustrasi seperti marah, tantrum, mengomel, atau bahkan mengamuk. Psikopat juga bisa memberikan tampang memelas untuk membuat orang lain merasa kasihan dan menuruti keinginannya.

 

Tidak Mau Melepaskan

Saat hubungannya berakhir, psikopat cenderung menginginkan mantan kekasihnya kembali lagi. Psikopat bisa memberikan janji-janji manis untuk mencuri hati mantannya. Selain itu, psikopat cenderung menjalani gaya hidup parasit dimana mereka mengikuti kemanapun mantan kekasihnya pergi dan terus mencari celah agar mendapatkannya kembali. Bisa melalui keluarga, teman main, teman kantor, atau kerabat lainnya.

[AS]

 

 

Saksikan video-video terbaru lainnya hanya di Channel Youtube Digtara TVJangan lupa, like comment and Subscribe.

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan