Wartawan di Madina Ikut UKW, Farianda: UKW Menguntungkan Semua Pihak

Sabtu, 03 September 2022 19:30
ist
Wartawan di Madina Ikut UKW, Farianda: UKW Menguntungkan Semua Pihak

digtara.com -Program Uji Kompetensi Wartawan (UKW) dapat menguntungkan semua pihak. Karena, dengan telah lulus UKW, semua wartawan akan dibekali ilmu dan pengetahuan yang dapat memberikan produk pemberitaan yang baik.

Demikian disampaikan Ketua PWI Sumatera Utara (Sumut), H Farianda Putra Sinik dalam acara pembukaan UKW angkatan 43 di D’San Hotel, Panyabungan, Mandailing Natal, Sabtu (3/9/2022).

Farianda menyambut, wartawan yang telah lulus UKW, juga memiliki etika yang baik serta lebih mengedepankan perimbangan berita dengan mengacu kepada kode etik jurnalistik.

Baca: Diduga Memeras, Kartu UKW 2 Anggota PWI Lampung Diusulkan Dicabut

“UKW adalah program PWI secara nasional. Tujuannya bukan semata untuk sertifikasi, namun ini merupakan salah satu bentuk tanggungjawab organisasi dalam meningkatkan SDM wartawan” ungkapnya.

Lebih lanjut Farianda menjelaskan, UKW ini bukan hanya untuk peningkatan SDM wartawan semata, atau bukan hanya untuk kepentingan jurnalis, namun berita yang baik juga dapat menciptakan suasana yang baik pula di masyarakat.

Baca: 60 Wartawan Ikuti UKW Digelar SPS-PWI Sumut, Direktur UKW: Wartawan Harus Diuji Kemampuanya

“Dengan terlaksananya UKW angkatan 43 di Kabupaten Madina ini, saya sangat mengapresiasi kerjasama PWI dan PT. SMGP ini. Sebab saya melihat, perusahaan dan pemerintah juga berkepentingan atas berita dengan kualitas yang baik” ucapnya.

Pelaksanaan UKW angkatan 43 ini tingkat Muda diikuti 24 orang wartawan yang ada di Kabupaten Madina.

Sebelum UKW peserta telah mengikuti pra UKW dengan mentor (pembimbing) pengurus PWI Sumut yakni Sugiatmo, Austin Antariksa Tumengkol, dan Amru Lubis. Tujuannya agar peserta lebih siap untuk mengikuti UKW.

Sekda Kabupaten Mandailing Natal Gozali Pulungan mendukung program UKW yang digelar PWI, dengan harapan kompetensi wartawan di daerah ini semakin meningkat.

Laman: 1 2

Berita Terkait