60 Wartawan Ikuti UKW Digelar SPS-PWI Sumut, Direktur UKW: Wartawan Harus Diuji Kemampuanya

Jumat, 29 Juli 2022 10:38
ist
60 Wartawan Ikuti UKW Digelar SPS-PWI Sumut, Direktur UKW: Wartawan Harus Diuji Kemampuanya

digtara.com – Sebanyak 60 wartawan di Sumatera Utara (Sumut) ikuti Uji Kompetensi Wartawan (UKW) angkatan 40 dan 41 di Hotel Le Polonia Medan, Jumat (29/7/2022).

UKW digelar Serikat Perusahaan Pers (SPS) Sumatera Utara dan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Sumatera Utara.

Direktur UKW PWI Pusat Prof Dr Rajab Ritonga menyampaikan, UKW ini merupakan uji kemampuan seseorang baik sebagai wartawan, redaktur, dan pimpinan redaksi dalam menjalankan tugas-tugas jurnalistik.

Baca: Wujudkan Wartawan Beretika, Kajati Sumut Dorong Pelaksanaan UKW

“Para peserta UKW akan diuji kemampuan jurnalistiknya hingga dinyatakan kompeten,” ujar Rajab dalam acara pembukaan UKW ini.

Rajab melanjutkan, mata uji UKW secara garis besar meliputi uji ketrampilan, yakni terampil dalam peliputan, terampil mengedit berita, dan terampil dalam menggunakan alat-alat kerja jurnalistik, juga memiliki keterampilan khusus.

Kemudian memiliki pengetahuan, yakni pengetahuan tentang teori-teori jurnalistik serta pengetahuan umum.

“Wartawan itu harus memahami segala persoalan yang ada di masyarakat, karenanya harus memilik pengetahuan yang luas. Hal ini nanti akan diuji dalam membangun jejaring,” kata Rajab yang juga Wakil Ketua Bidang Pendidikan PWI Pusat.

Selaian keterampilan dan pengetahauan yang wajib dipahami dalam menjalankan tugas-tugas jurnalistik, juga tak kalah pentingnya adalah memahami etika jurnalistik.

“Sehebat apapun sebagai seorang wartawan jika tidak patuh terhadap etika jurnalistik, maka karya jurnalitiknya akan menimbulkan masalah,” tutup Rajab.

Laman: 1 2

Berita Terkait