Jangan Buang Minyak Goreng ke Wastafel, Ini Akibatnya

  • Whatsapp
Jangan Buang Minyak Goreng ke Wastafel, Ini Akibatnya
Ilustrasi: Membuang minyak goreng ke wastafel (Internet)

digtara.com – Membuang minyak goreng ke wastafel menjadi salah satu kebiasaan buruk banyak orang setelah memasak. Padahal kebiasaan itu bisa menimbulkan kerugian.

Perlu diketahui, sebagian besar minyak tak selalu bertahan dalam bentuk cair setelah didinginkan. Mentega dan minyak kelapa umumnya akan berbentuk cair saat berada dalam kondisi panas.

Namun, keduanya akan berubah menjadi padat saat berada pada suhu dingin.

Muat Lebih

“Saat ditumpahkan ke wastafel, minyak masih dalam keadaan cair. Tapi, begitu dingin, minyak mengeras dan menempel ke dinding pipa,” ujar Joel Frederick, Direktur pada perusahaan jasa servis peralatan rumah tangga, Quarter Moon Plumbing.

Minyak umumnya akan berubah padat dan menempel di dinding pipa. Tak jarang hal tersebut menimbulkan penyumbatan. Belum lagi jika ditambah dengan partikel-partikel sampah non-air lainnya yang masuk ke dalam pipa.

Tak hanya itu, kebiasaan membuang minyak bekas ke wastafel juga akan menimbulkan masalah pada saluran pembuangan.

Kandungan lemak yang ada di dalamnya membuat minyak bersatu dengan zat-zat lain yang ada di dalam saluran pembuangan. Saat bersatu, mereka kemudian menumpuk.
Lebih parah lagi, saat penumpukan berlanjut, tumpukan akan menempel di dinding selokan dan menciptakan apa yang disebut dengan ‘fatberg’.

Fatberg bisa terus tumbuh hingga berukuran besar dan menghambar aliran air limbah. Diperkirakan bahwa hampir setengah dari luapan selokan di Amerika Serikat merupakan akibat dari fatberg.

Orang-orang terdahulu menganggap bahwa sabun cuci bisa membuat minyak tetap mencair meski dalam keadaan dingin. Namun, hal itu bukan strategi yang efektif.

“Ingat, apa pun yang lebih berat dari air akan terjebak di pipa dapur Anda,” ujar Frederick.

 

MEMUSNAHKAN MINYAK GORENG

Di Jepang, untuk memusnahkan minyak goreng bekas, digunakan sejenis bubuk yang dapat mengentalkan minyak goreng. Setelah minyak memadat, kemudian dibuang ke tong sampah.

Ada pula yang mengumpulkan minyak goreng untuk dimusnahkan dengan cara dibakar di lokasi-lokasi pembakaran. Dengan dibakar, minyak goreng maupun kuman dan bakteri yang ada di dalamnya dapat musnah.

[AS]

 

 

Saksikan video-video terbaru lainnya hanya di Channel Youtube Digtara TVJangan lupa, like comment and Subscribe.

 

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

1 Komentar