Ini Manfaat Cuka Untuk Kesehatan Kaki Kamu

Rabu, 02 Januari 2019 11:22

digtara.com | MEDAN – Jika anda memiliki masalah dengan kaki, misalnya bau kaki akibat bakteri, jamur, kaki pecah-pecah, dan masalah lainnya, mungkin anda bisa mencoba memanfaatkan cuka untuk menghilangkannya.

Asam Asetat di dalam cuka, dapat membantu menghilangkan jamur yang dapat menyebabkan masalah seperti kutu air yang membuat jari-jari kaki tampak merah, kulit mengelupas dan sering terasa seperti terbakar atau gatal. Cuka juga dapat mengatasi kuku kaki yang menguning.

Kamu bisa merendam kaki dengan cuka, dengan cara menambahkan secangkir cuka ke dalam ember atau baskom berisi air hangat dan rendam kaki kamu selama 15 hingga 20 menit.Ulangi perawatan ini dua hingga tiga kali dalam seminggu.

Cuka juga bisa digunakan untuk menghaluskan tumit kaki yang pecah-pecah. Pecah-pecah pada tumit akan membuat kulit kaki terasa kasar dan mengurangi percaya diri. Kaki pecah-pecah biasanya terjadi karena kurangnya perawatan, dan tubuh juga kekurangan vitamin.

Merendam kaki dengan cuka juga bisa membantu menghilangkan kutil. Asam dalam cuka apel efektif untuk mengatasi virus yang menyebabkan kutil di kaki kamu. Komposisi dalam cuka apel dapat menetralkan infeksi dan melembutkan kutil. Jika rajin dan sering menggunakan cuka sari apel, itu dapat menghilangkan kutil sepenuhnya.

Caranya, tambahkan setengah cangkir cuka sari apel ke dalam baskom yang berisi air hangat dan rendam kaki selama 30 menit. Kamu juga bisa mengoleskan cuka langsung ke kutil menggunakan kapas.

Cuka juga dapat membantu mengurangi gatal pada kaki. Ketidakseimbangan derajat keasaman (PH) dapat menyebabkan kulit kering atau mempercepat pertumbuhan jamur kaki. Kedua kondisi ini bisa membuat kaki kamu sangat gatal. Rasa gatal pada kaki juga bisa disebabkan karena alergi terhadap bahan dalam sepatu atau kaus kaki.

Cuka apel dapat meringankan gejala yang tidak nyaman ini dengan merendam kaki dengan campuran air hangat dan cuka apel selama 20 menit, dan jika diperlukan kamu bisa mengulangi perawatan ini setiap hari.

Untuk Mengilangkan bau tak sedap akibat keringat yang berlebihan pada kaki akan menyebabkan pertumbuhan bakteri yang berlebih dan dapat menyebabkan bau kaki yang tidak sedap bahkan sulit untuk dihilangkan.

Kandungan asam dalam cuka bisa mengurangi kelembaban dan juga menghambat pertumbuhan bakteri dikaki. Merendam kaki dengan cuka bisa jadi solusi atau cara alami untuk menghentikan bau dari kaki yang menggangu.

Penumpukan sel mati yang berlebihan akibat gesekan dari sepatu dapat menyebabkan kapalan pada kakimu. Asam asetat dalam cuka bertindak sebagai exfoliant dan emolien, yang ideal untuk menghilangkan kulit mati dan melembutkan bintik-bintik keras seperti kapalan. Demikian seperti dilansir Step To Health, Selasa (2/1/2019).

(STH/AS)

Berita Terkait