Gemar Selfie, Awas Penyakit Ini Mengintai Anda

Kamis, 03 Januari 2019 13:39
Kebiasaan berswafoto atau selfie dapat menyebabkan ganggaun fungsi pada pergelangan tangan. (ilustrasi/ist)

digtara.com | MEDAN – Kemajuan teknologi pencitraan (imagery) pada ponsel pintar (smartphone), membuat masyarakat makin keranjingan menggunakan ponsel mereka untuk mengabadikan momen-momen di sekitar mereka.  Tak terkecuali melakukan swafoto atau selfie.

Namun tak banyak yang sadar, ternyata melakukan swafoto atau selfie juga memberikan dampak negatif bagi kesehatan.

Menurut seorang ahli dari San Fransisco, Levi Harrison, terlalu sering selfie dapat membuat pergelangan tangan menjadi sakit. Kondisi ini disebut ‘Selfie Wrist’.

Levi seperti dilansir FOX11 mengatakan, orang-orang yang sering selfie dengan menekuk tangannya ke arah dalam dapat terserang carpal tunnel syndrome, seperti tangan mati rasa, kesemutan, atau rasa nyeri. Penyakit ini terjadi ketika pengguna ponsel terlalu berlebihan melenturkan tangannya ke arah dalam untuk mendapatkan sudut foto yang diinginkan.

Selebritas seperti Kim Kardashian pun pernah mengungkapkan ia menderita ‘selfie wrist’. Namun, tidak seperti pendapat Dr Harrison, dokter Kim Kardashian mengatakan ‘selfie wrist’ yang dialami istri Kanye West tersebut karena terlalu lama memegang ponsel tanpa bergerak.

“Siku Anda tidak dirancang untuk ditekuk selama satu jam pada suatu waktu. Bergerak adalah bagian dari kehidupan, dan tubuh kita dirancang untuk digerakkan. Bahkan ketika kita tidur dan tidak sadar, otak memiliki cara untuk membuat kita bergerak secara berkala sehingga kita tidak berada di satu posisi sepanjang malam,” ujar Dr. Leon Benson seorang ahli bedah tangan di Illinois Bone and Joint Institute kepada Yahoo Lifestyle.

Kasus selfie wrist ini juga sudah diteliti secara ilmiah. Irish Medical Journal menerbitkan makalah yang berisi empat laporan kasus pasien yang didiagnosis ‘selfie wrist’. Jurnal tersebut menuliskan, “Untuk mengurangi angka trauma ini, perlu diterapkan pendidikan tentang bahaya selfie wrist ini.”

Sedangkan menurut Dr. Harrison untuk mengurangi rasa sakit akibat selfie, hindari menekuk pergelangan tangan saat memegang ponsel. Menggunakan tongkat selfie juga bisa menjadi pilihan agar terhindar dari ‘Selfie Wrist’. Dr. Harrison juga merekomendasikan untuk melakukan olahraga tangan. Dengan memutar pergelangan telapak tangan secara terbuka dan terkepal. Setelah itu lakukan gerakan melambaikan tangan ke arah depan dan ke belakang.

[FOX/YOL/AS]

Berita Terkait