Ny Sariat Tolle, Mentor Tenunan yang Tidak Sekolah tapi Sudah Keliling Dunia

  • Whatsapp
Ny Sariat Tolle, Mentor Tenunan yang Tidak Sekolah tapi Sudah Keliling Dunia
Anak binaan menunjukkan kemampuan menenun kain khas Alor untuk busana Muslimah. (Foto digtara.com/Imanuel Lodja)

digtara.com – Penampilan Ny Sariat Tolle cukup sederhana. Dari penampilannya, tidak ada yang menduga kalau Ny Sariat ternyata telah mengunjungi sejumlah daerah di Indonesia dan sejumlah negara. Ny Sariat Tolle, Mentor Tenunan yang Tidak Sekolah tapi Sudah Keliling Dunia

Keberuntungan ini diperoleh hanya karena kepandaiannya merancang motif tenunan dan membuat inovasi motif tenunan.

Ny Sariat sendiri tidak pernah mengenyam pendidikan. Ia bahkan lupa usia dan tanggal lahirnya namun ia fasih berbahasa Indonesia. Ibu dari enam anak dan nenek dari 8 orang cucu ini berasal dari Pulau Ternate, Kabupaten Alor, Nusa Tenggara Timur (NTT).

Muat Lebih

Ia hijrah ke Desa Alor Besar, Kecamatan Alor Barat Laut, Kabupaten Alor, NTT bersama suaminya Muhammad Libana. Mereka mengontrak lahan 1 hektar sebagai lahan usaha untuk berkebun. Untuk menunjang ekonomi keluarga, Ny Sariat menyalurkan hobby nya menenun kain khas Alor dengan berbagai motif.

Dalam paruh waktu ia menyadari kalau hasil usaha terkuras hanya untuk membayar harga kontrak tanah. Ia dan suami kemudian menabung untuk membeli lahan. Awalnya Muhammad Libana menentang ide Ny Sariat membeli lahan yang sekarang mereka tempati karena berbatu.

Namun Ny Sariat berusaha meyakinkan. Ia mengenang kalau saat itu mereka kekurangan beras namun ia nekad menggunakan uang tabungan untuk membeli lahan dan berhasil membeli lahan yang semula dikontrak menjadi milik pribadi.

Di lahan ini lah, ia kemudian bertani dan membangun usaha menenun serta mewarnai benang dan memasarkan hasil tenunannya. “Saya harus akui kalau dari hasil tenun lah saya bisa membeli lahan ini,” jelas Ny Sariat.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan