Sebut Wayang Kulit dari Malaysia, Netizen Paksa Adidas Minta Maaf

Selasa, 16 November 2021 15:30

digtara.com – Netizen Indonesia berang karena Adidas menyebut wayang kulit, yang menjadi desain di salah satu produknya, merupakan warisan budaya Malaysia. Adidas minta maaf.

Adidas, melalui akun Instagram resminya, @adidassg pada Rabu (10/11/2021), mem-posting foto salah satu sepatu buatan mereka yang masuk koleksi City Pack. Ada desain wayang kulit di masing-masing sisi sepatu tersebut.

“Merayakan warisan budaya Malaysia lewat mata @JAEMYC dalam #UltraBOOST DNA City Pack berikutnya,” begitu caption foto unggahan Adidas, seperti dilihat detikcom, Selasa (16/11/2021).

Caption foto itu membuat Adidas digeruduk netizen Indonesia. Adidas, lewat Instgram story-nya, menyampaikan permohonan maaf.

“Terima kasih telah menghubungi kami. Sementara wayang kulit adalah bagian penting dari warisan budaya Malaysia, kita seharusnya menyebut asal-usulnya dari Indonesia di posting-an kami,” tulis Adidas.

“Kami dengan tulus meminta maaf atas pelanggaran yang tidak disengaja yang mungkin telah dilakukan, dan sekarang telah mengubah posting-an kami,” imbuhnya.

Adidas, dalam membuat desain untuk produksinya, mengaku terinspirasi dari budaya negara-negara di Asia Tenggara. Mereka juga mengaku tak bermaksud mengklaim wayang kulit berasal dari Malaysia.

“Saat bekerja dengan seniman untuk mengembangkan perwakilan desain warisan Malaysia dan Asia Tenggara, kami dengan rendah hati terinspirasi oleh warisan budaya yang kaya di negara-negara Asia Tenggara. Untuk menghindari keraguan, baik brand maupun artis, tidak bermaksud untuk mengklaim bukan seni budaya dari Indonesia,” sebut Adidas.

“Kami berterima kasih sekali lagi atas dukungan Anda terhadap merek ini, dan pembuat konten yang berkolaborasi dengan kami untuk merayakan budaya unik kami serta identitas kami,” pungkasnya.

Berita Terkait