Kadisbudpar Sumut Usulkan Nama Lokasi Umum Hingga Instansi Gunakan Aksara Batak

  • Whatsapp
Kadisbudpar Sumut Usulkan Nama Lokasi Umum Hingga Instansi Gunakan Aksara Batak
Kadisbudpar Sumut Usulkan Nama Lokasi Umum Hingga Instansi Gunakan Aksara Batak (istimewa)

digtara.com – Kepala dinas kebudayaan dan pariwisata (Kadisbudpar) Pemprov Sumut, Ria Telaumbanua memberikan masukan agar semua nama kegiatan-kegiatan atau pun tempat umum seperti bandara, perusahaan hingga institusi untuk menggunakan Aksara Batak. Kadisbudpar Sumut Usulkan Nama Lokasi Umum Hingga Instansi Gunakan Aksara Batak

Hal tersebut disampaikannya saat membuka kegiatan Festival Museum Sumatera Utara yang digelar tanggal 17-19 September 2020.

“Aksara Batak ini memang perlu dipublish, disosialisasikan, karena tidak semua suku memiliki aksara. Ini salah satu masukan kita, yang diusulkan oleh budayawan, agar semua kegiatan atau nama-nama baik dari bandara hingga perusahaan dan institusi memakai Aksara Batak,” jelasnya.

Muat Lebih

Selain itu, ia juga menambahi bahwa tahun 2020 ini museum Negeri Sumatera Utara akan melakukan kegiatan renovasi. Sebab museum Sumut sudah mempunyai 6000-7000 koleksi sehingga tidak tertampung karena tempat yang kurang memadai.

“Karena tidak tertampung, terakhir koleksi tersebut kita letakkan di gudang,” ucapnya.

Lebih lanjut diterangkan bahwa tujuan penyelenggaraan festival museum adalah untuk menjembatani penyampaian informasi mengenai perkembangan museum Sumut yang semakin pesat.

Kepala dinas kebudayaan dan pariwisata (Kadisbudpar) Pemprov Sumut, Ria Telaumbanua
Kepala dinas kebudayaan dan pariwisata (Kadisbudpar) Pemprov Sumut, Ria Telaumbanua. (istimewa)

Baca: Pesawat N250 Buah Karya BJ Habibie akan Dimuseumkan

Kearifan Lokal

Selain itu juga guna meningkatkan pengenalan dan pemahaman terhadap kearifan lokal.

“Tema kegiatan festival ini, masa lalu, masa sekarang, dan masa yang akan datang. Kami harapkan masyarakat hadir dari jam 8 pagi sampai jam 5 sore,” katanya.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

1 Komentar