Aduh! Batik Diklaim sebagai Kerajinan Tradisional China, Begini Komentar Netizen

  • Whatsapp
Aduh! Batik Diklaim sebagai Kerajinan Tradisional China, Begini Komentar Netizen
Ilustrasi membatik.

digtara.com – Media China, Xinhua News, buat geger. Pasalnya, Xinhua menyebut bahwa batik adalah kerajinan tradisional yang umum di kalangan kelompok etnis di China dan sudah ada di negara itu sejak lama. Batik Diklaim sebagai Kerajinan Tradisional China

“Batik adalah kerajinan tradisional yang umum di kalangan kelompok etnis di China. Menggunakan lilin leleh dan alat seperti spatula, orang mewarnai kain dan memanaskannya untuk menghilangkan lilin. Lihatlah bagaimana kerajinan kuno berkembang di zaman modern. #AmazingChina,” tulis media itu di Twitternya, @XHNews, Minggu (12/7/2020).

Dalam postingan itu juga disertai video berdurasi 49 detik, di mana isinya merupakan proses pembuatan batik.

“Batik adalah kerajinan tradisional China. Ini biasanya digunakan oleh kelompok etnis minoritas yang tinggal di Guizhou dan Yunan. Lihatlah bagaimana kerajinan kuno berkembang di zaman modern,” bunyi tulisan dalam video itu.

Baca: Terkait Konflik AS dan China di Laut China Selatan, Begini Sikap Indonesia

Postingan media itu pun langsung ramai dipenuhi tanggapan. Selama sekitar satu jam sejak diposting, sudah ada 40 kali retweet dan 106 suka dalam postingan. Ada sekitar 20 komentar dari pengguna internet (netizen) di postingan itu, termasuk dari netizen Indonesia.

Baca: Bawa 30 Paket Ganja, Calon Penumpang Batik Air Ditangkap Petugas Keamanan Bandara Sentani

“@XHNews Batik berasal dari Jawa Indonesia dan tersebar di seluruh Asia termasuk India dan China, jangan memutar balik fakta seolah-olah seni ini berasal dari China. Itu dari zaman kuno DITIRU oleh China,” tulis akun @ srinidhi24.

“@XHNews Hah? Batik adalah sesuatu yang identik dengan Malaysia / Indonesia,” timpal pengguna Twitter @PhaniPrasad.

Saksikan video-video terbaru lainnya hanya di Channel Youtube Digtara TVJangan lupa, like comment and Subscribe.

Batik Diklaim sebagai Kerajinan Tradisional China

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

1 Komentar