Tawarkan Kemudahan, Aplikasi Ini Justru Membuat Ponsel Jadi Lemot dan Habiskan Paket Data

  • Whatsapp
Tawarkan Kemudahan, Aplikasi Ini Justru Membuat Ponsel Jadi Lemot dan Habiskan Paket Data
Ilustrasi: Aplikasi di Android (Internet)

digtara.com – Banyak aplikasi yang terpasang di ponsel kita, meski kadang kita tak pernah menggunakannya. Aplikasi itu tentunya membebani kinerja ponsel, hingga membuat ponsel jadi lemot atau bekerja lambat.

Ironisnya, banyak pula aplikasi tersebut yang merupakan aplikasi bawaan dari pabrikan ponsel, yang tak serta-merta bisa menghapus aplikasi tRersebut.

Berikut aplikasi dan cara menanggulangi ponsel agar ponsel tidak lemot:

Muat Lebih

 

APLIKASI PENGHEMAT RAM

Anda mesti waspada dengan aplikasi yang mengklaim dapat menghemat kapasitas memori ponsel. Faktanya, aplikasi-aplikasi tersebut malah berjalan di latar belakang ponsel dan menguras kapasitas baterai.

 

APLIKASI CLEAN MASTER

Aplikasi yang menawarkan layanan pembersihan ponsel tidak menjamin kinerja ponsel Anda bakal lebih baik. Aplikasi Clean Master dan aplikasi serupa seringkali memunculkan iklan-iklan yang dapat menguras konsumsi data internet Anda.

 

FACEBOOK

Menurut Android Pit, jika Anda pengguna ponsel Android, disarankan untuk menghapus aplikasi Facebook. Sebab, aplikasi bakal menyedot konsumsi memori ponsel lebih tinggi. Selain itu, aplikasi akan tetap berjalan di latar belajar dan pastinya juga menguras data internet Anda.

 

APLIKASI BAWAAN

Banyak smartphone memiliki banyak aplikasi yang sudah terinstal sebelumnya, mulai dari aplikasi untuk pemesanan tiket, gim, sampai media sosial. Aplikasi-aplikasi tersebut malah memakan memori ponsel dan berdampak pada kinerja ponsel yang melambat. Sayangnya, banyak vendor ponsel yang tidak mengizinkan Anda untuk menghapus aplikasi bawaan seperti Facebook.

 

APLIKASI PENGHEMAT BATERAI

Sama halnya dengan aplikasi yang mengklaim dapat menghemat kapasitas RAM ponsel, aplikasi penghemat baterai pun tidak bekerja secara efektif. Terkadang saat Anda sudah keluar dari aplikasi, aplikasi bakal tiba-tiba terbuka kembali secara otomatis, sehingga kinerja ponsel Anda bakal semakin meningkat.

 

CARA MENANGGULANGI

Cara menanggulangi agar ponsel tidak lemot akibat banyaknya aplikasi tidaklak sulit. Tidak pula diperlukan aplikasi khusus. Berikut caranya seperti dilansir Gadgets Now:

Klik menu Settings (Pengaturan).

Gulir ke bawah dan ketuk menu Storage/Memory (Penyimpanan/Memori).

Nantinya Anda bakal disuguhkan dengan daftar aplikasi yang memakan kapasitas memori ponsel Anda.

Klik opsi Memory (Memori).

Anda akan diberi opsi App Usage (Penggunaan Aplikasi) RAM dalam empat interval yaitu 3 jam, 6 jam, 12 jam, dan satu hari. Dengan informasi ini, Anda bakal mengetahui berapa persen RAM yang dikonsumsi aplikasi yang ada di ponsel Anda.

 

[AS]

Saksikan video-video terbaru lainnya hanya di Channel Youtube Digtara TV.
Jangan lupa, like comment and Subscribe.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

1 Komentar