Strategi Promosi Bisnis Online yang Menarik Banyak Pelanggan

Selasa, 21 Juni 2022 21:25
sumber foto: Review.bukalapak.com

Di era digital seperti sekarang, kehidupan manusia memang tidak bisa dipisahkan dari aktivitas internet. Termasuk pada saat ingin membeli produk atau menggunakan layanan jasa tertentu. Biasanya, kebanyakan orang akan mencari informasi melalui Google terlebih dahulu mengenai produk atau layanan apa pun yang mereka butuhkan.

Alasan itulah yang membuat bisnis online semakin melejit. Meski begitu, pemasaran bisnis online ternyata tidak selalu mudah mengingat ketatnya persaingan bisnis saat ini. Oleh karena itu, dibutuhkan strategi promosi bisnis online yang tepat agar bisa menarik banyak pelanggan. Lantas, apa saja strategi promosi bisnis online yang efektif untuk menarik banyak pelanggan?

6 Strategi Promosi Bisnis Online yang Menarik Banyak Pelanggan

1. Manfaatkan Sosial Media

Hampir semua orang bermain media sosial. Facebook, Instagram, dan TikTok merupakan media sosial yang paling popular dan digunakan oleh banyak orang. Platform media sosial tersebut juga menyediakan fitur khusus untuk jual beli secara online. Kamu bisa memanfaatkan potensi media sosial untuk mempromosikan bisnis dan produk kepada masyarakat luas.

2. Program Afiliasi

Selain memanfaatkan media sosial, Anda juga bisa melakukan promosi afiliasi. Pada prinsipnya, cara ini adalah program yang bertujuan untuk mendapatkan komisi dari hasil mempromosikan produk. Tujuan dari program ini adalah agar semakin banyak konsumen yang mengenal produk yang Anda jual.

3. Mulai Jualan di Situs Marketplace

Selain media sosial, marketplace juga menjadi platform yang tepat untuk promosi bisnis online. Pasalnya, kini semakin banyak orang yang lebih memilih belanja di marketplace karena memiliki banyak keunggulan. Mulai dari mendapatkan gratis ongkir, banyak diskon menarik, cashback koin, dan banyak banyak keuntungan lain yang bisa didapatkan pelanggan.

Karena marketplace kini sangat popular, maka jangan sampai Anda melewatkan potensi tersebut untuk meningkatkan omset penjualan. Dengan menggunakan marketplace, penjualan online juga bisa lebih mudah dan praktis. Kebanyakan orang juga lebih tertarik untuk membeli produk yang tersedia atau dijual melalui marketplace agar bisa mendapatkan cashback dan gratis ongkir.

4. Buat Website Bisnis

Membuat website merupakan sebuah keharusan di era digital. Website dapat diibaratkan sebagai toko atau tempat berlangsungnya bisnis yang Anda jalankan. Apalagi, saat ini kebanyakan orang akan mencari produk yang sedang mereka butuhkan lewat Google. Dengan membangun website, maka semakin banyak orang yang bisa menemukan produk bisnis yang Anda tawarkan.

Selama ini, banyak pelaku usaha yang tidak tertarik memiliki website karena dianggap mahal dan sulit untuk mengelolanya. Padahal, Anda bisa mendapatkan layanan website murah di Niagahoster. Cara mengelola website pun tidak sesulit yang dibayangkan. Oleh karena itu, sebaiknya segera bangun website atau toko online mulai dari sekarang.

5. Buat Konten Marketing yang Menarik

Setelah membuat website dan media sosial, maka langkah selanjutnya yang tidak boleh dilewatkan adalah membuat konten marketing. Tanpa konten marketing yang menarik, maka orang-orang tidak akan tertarik untuk melirik produk bisnis tersebut. Oleh karena itu, buatlah konten marketing yang menarik serta relevan dengan bisnis yang Anda jalankan.

Sebaiknya, hindari terlalu sering mengunggah konten yang berisi promosi bisnis yang berbau hard selling. Cobalah untuk sesekali mengunggah konten marketing yang berisi hiburan atau edukatif. Hal ini akan membuat pelanggan lebih tertarik untuk mengikuti serta membeli produk-produk yang ditawarkan oleh akun bisnis tersebut.

6. Bagikan Konten ke Email Marketing

Saat ini, email marketing juga memiliki efek yang besar terhadap kemajuan dan kesuksesan sebuah bisnis online. Setelah membuat konten, pastikan untuk membagikannya ke email pada pelanggan. Email marketing sendiri memiliki prinsip yang sama seperti broadcast message. Bedanya, strategi marketing ini menggunakan media berupa email.

Itu dia 6 strategi promosi bisnis online yang efektif untuk menarik banyak pelanggan. Berdasarkan lima strategi di atas, website memiliki peran yang sangat penting bagi kesuksesan sebuah bisnis. Jika ingin membangun website sebagai toko online, Anda bisa langsung konsultasi dengan Niagahoster sekarang. Yuk, memaksimalkan penjualan bisnis online dengan menggunakan website!

Ayo baca konten menarik lainnya dan follow kami di Google News

Strategi Promosi Bisnis Online yang Menarik Banyak Pelanggan

Berita Terkait