Ketika Nadya Hutagalung Bertanya soal Asal Usulnya

  • Whatsapp
Nadya Hutagalung
Potret Nadya Hutagalung (int/digtara)

digtara.com – Model ternama yang juga aktivis lingkungan, Nadya Hutagalung, memamerkan video pariwisata Indonesia yang menampilkan Budaya Suku Batak. Ia pun penasaran asal usulnya.

Nadya Hutagalung mengunggah kembali video pariwisata Indonesia yang menampilkan Budaya Batak berjudul ‘Wonderful Indonesia: The Heart Beat of Toba’. Video itu menceritakan soal sejarah budaya Batak yang sudah ada sejak ribuan tahun di kawasan Danau Toba.

“Menonton video ini membuat saya tertarik untuk mendalami negeri magis dan misterius itu (Tanah Batak) serta orang-orangnya dan saya tidak sabar untuk menjelajahinya lebih jauh,” katanya dalam unggahan Instagram miliknya pada 3 Maret 2021 lalu.

Muat Lebih

Nadya pun mempertanyakan soal asal usul dirinya. “Siapa saya?” katanya.

Pertanyaan itu sebenarnya sudah sering dia tanyakan sejak masih muda. Ia selalu ingin tahu tentang sejarah dirinya. “Dari mana saya berasal, dan apa tujuan hidup kita,” katanya.

Nadya Hutagalung
Nadya Hutagalung dan ibunya. (int/digtara)

Ia tahu ibunya adalah orang Australia dan ayahnya adalah orang Indonesia dan ia sendiri sudah tinggal di Singapura sejak 1995.

“Saya tahu pasti ada lebih banyak cerita dari sekadar asal usul itu,” katanya.

Sebenarnya Nadya Hutagalung, tidak suka melabeli orang. Misalnya ‘Kami orang Batak, makanya kami…’ atau ‘Saya pembaca acara televisi’ atau ‘Saya seorang aktivis’ atau ‘Saya Kristen’ atau bahkan ‘Saya orang Indonesia’. Berbagai label itu biasanya akan membatasi visi dan potensi seseorang untuk tumbuh.

“Hal itu juga bisa membuat batas antara ‘kita’ dan ‘mereka’,” katanya.

Nadya mengaku suka menggunakan tagar #oneplanet (satu planet) #onehumanity (satu kesatuan manusia).
Penggunaan tagar itu, kata Nadya, agar orang semakin banyak berpikir soal satu planet dan persatuan manusia. Ia khawatir, semakin jauh orang berpikir soal persatuan, maka akan semakin banyak perpecahan dan ketakutan yang akan tertanam pada masyarakat.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan