Wapres: Indonesia Berupaya Jadi Pusat Produsen Halal Dunia

  • Whatsapp
Wapres: Indonesia Berupaya Jadi Pusat Produsen Halal Dunia
Wakil Presiden Ma’ruf Amin didampingi sejumlah menteri memberikan keterangan pers usai Webinar Strategis Nasional bertajuk “Indonesia Menuju Pusat Produsen Halal Dunia”, Sabtu (24/10) (Foto: KIP-Setwapres)

digtara.com – Pemerintah Republik Indonesia (RI) berupaya menjadikan Indonesia sebagai produsen halal terbesar di dunia. Pusat Produsen Halal Dunia

Hal ini disampaikan Wakil Presiden (Wapres) Ma’ruf Amin saat memberikan keterangan pers secara virtual, di Istana Wakil Presiden Jakarta, Sabtu kemarin.

Meski merupakan negara dengan jumlah penduduk muslim terbesar di dunia, namun RI baru mengisi 3,8 persen ekspor produk halal di pasar global.

Muat Lebih

“Indonesia memiliki potensi besar sebagai produsen dan konsumen, karena itu kita ingin mendorong supaya Indonesia menjadi produsen halal besar dunia,” tegas Wapres seperti dikutip dari setkab.go.id, Minggu (25/10/2020).

Untuk mencapai hal itu, lanjut Wapres, pemerintah berupaya mengembangkan Kawasan Industri Halal (KIH) di beberapa daerah. Pemerintah menyadari potensi Indonesia dapat ditingkatkan dengan pengembangan kawasan pariwisata serta pengembangan industri keuangan syariah.

Baca: Cek Kehalalan Vaksin Covid-19, MUI Rencananya Besok ke Cina

“Kita akan kembangkan yaitu pusat-pusat industri halal dengan semua ekosistemnya. Salah satunya adalah Kawasan Industri Halal,” ujarnya.

Saat ini sudah ada dua kawasan yang telah mendapatkan izin dari Kementerian Perindustrian yaitu Modern Cikande Industrial Estate di Cikande, Jawa Barat, dan SAFE n LOCK Halal Industrial Park di Sidoarjo, Jawa Timur.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan