Usai Tahun Baru, Harga Cabai Rawit Naik Tembus Rp40 Ribu Per Kg

Sabtu, 05 Januari 2019 13:11


digtara.com | MEDAN – Selama sepekan lalu, sejumlah pedagang di pasar tradisional yang terletak di Jalan Setia Budi, Kecamatan Medan Tuntungan, keluhkan kenaikan harga cabai rawit yang mengalami kenaikan harga hingga Rp40 ribu perkilogram.

Lonjakan harga tersebut ini terjadi sejak menjelang pergantian tahun, lantaran banyaknya petani yang libur panen sehingga berdampak dengan kenaikan harga tersebut.

Meskipun banyak jenis cabai namun diantaranya cabai rawit yang mengalami kenaikan harga lantas cabai rawit tidak dapat diperkerjakan oleh seorang petani karena bentuknya yang terlalu kecil dan memiliki hasil panen yang banyak.
Menurut salah seorng pedagang Indra Bukit mengatakan, perbandingan harga cabai rawit sebelumnya sangat jauh, karena mengalami kenaikan harga hingga Rp18 ribu,” sebelumnya harga cabai rawit tidak terlalu mahal hanya Rp22 ribu per kg, namun seminggu menjelang tahun baru sudah mulai naik hingga Rp40 ribu per kg,” katanya kepada digtara.com, Sabtu (5/1/2019).

Dia juga mengaku, hal ini juga tidak terlalu berdampak begitu parah lantaran harga cabai lainnya tidak mengalami kenaikan.

“Tidak terlalu berdampak bang untungnya cabai merah dan cabai hijau tidak mengalami kenaikan harga bahkan cabai merah mengalami penurunan harga dari Rp8 ribu per 1/4 menjadi 5 ribu per 1/4,“ ujarnya.
Indra, memperediksikan dalam beberapa hari lagi harga cabai rawit juga akan kembali standart seperti biasanya karena semua petani akan kembali beraktifitas, sehingga berdampak kesetabilan harga.

”Beberapa hari lagi kita prediksikan harga cabai rawit akan kembali seperti biasa,” tambahnya.

Berita Terkait