Tak Terpengaruh Data Ekonomi, Rupiah Diprediksi Lanjutkan Penguatan Hari Ini

  • Whatsapp
Rupiah Ditutup Melemah. Tak Terpengaruh Data Ekonomi, Rupiah Diprediksi Lanjutkan Penguatan Hari Ini
ilustrasi: Nilai Tukar Rupiah (Internet)

digtara.com – Mata uang Rupiah hari ini diperkirakan akan mampu lanjutkan penguatan pada perdagangan hari ini.

Kepala Riset dan Edukasi Monex Investindo Futures, Ariston Tjendra mengatakan bahwa kontraksi itu sesuai dengan ekspektasi. Pasar pun menurutnya sudah menghargai sentimen pelemahan ekonomi dalam negeri dalam beberapa perdagangan terakhir.

“PDB Indonesia yang buruk mungkin sudah diantisipasi sebelumnya oleh pelaku pasar. Jadi pengaruhnya pada perdagangan saat ini tidak besar,” ujar Ariston, Kamis (6/8/2020).

Muat Lebih

Dia mengatakan bahwa penguatan Rupiah saat ini lebih didorong oleh sentimen eksternal. Yakni pelemahan dolar AS yang juga menaikan minat investasi terhadap aset-aset beresiko lainnya.

Menurut dia, greenback mendapatkan tekanan akibat pasat khawatir terhadap potensi gangguan pemulihan ekonomi AS. Khususnya karena penyebaran Covid-19 yang tak kunjung terkendali di Negeri Paman Sam itu.

Untuk diketahui, pada perdagangan Rabu 5 Agustus 2020 kemarin, Rupiah mampu menguat dan menjadi jawara di Asia meskipun data pertumbuhan ekonomi kuartal II/2020 terkontraksi dalam.

Rupiah ditutup di level Rp14.550 per dolar AS kemarin, menguat 0,51 persen atau 75 poin. Kinerja itu pun menjadi yang terbaik di antara pergerakan mata uang Asia lainnya, yaitu tepat di atas ringgit yang naik 0,4 persen dan won yang terapresiasi 0,42 persen.

Selain itu, penguatan juga terjadi setelah Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat pertumbuhan ekonomi kuartal II/2020 terkontraksi sebesar 5,32 persen (year on year/yoy) dibandingkan dengan 5,07 persen pada periode sama tahun lalu.

Sementara itu, kumulatifnya pada semester I/2020 pertumbuhan ekonomi Indonesia mencapai 1,26 persen.

[AS]

 

 

Saksikan video-video terbaru lainnya hanya di Channel YoutubeDigtara TVJangan lupa, like comment and Subscribe.

 

Tak Terpengaruh Data Ekonomi, Rupiah Diprediksi Lanjutkan Penguatan Hari Ini

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

1 Komentar