Rupiah Diprediksi Menguat Terbatas

  • Whatsapp
Rupiah Diprediksi Menguat Terbatas
Ilustrasi: Perdagangan Rupiah (internet)

digtara.com – Nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) diperkirakan bakal menguat secara terbatas pada perdagangan hari ini, Selasa (27/10/2020). Pergerakan rupiah masih akan diwarnai oleh sikap investor yang memantau kelanjutan paket stimulus AS

Kepala Riset dan Edukasi Monex Investindo Futures Ariston Tjendra mengatakan dalam empat pekan terakhir rupiah menguat, ditopang oleh mulai kembalinya para investor asing ke pasar Indonesia.

Dia mengatakan, bergairahnya para investor asing disebabkan oleh prospek vaksin Covid-19 yang akan segera disalurkan dalam waktu dekat. Hal itu tercermin dari aksi beli bersih atau net buy investor asing di pasar saham senilai Rp128 miliar kemarin.

Muat Lebih

BACA JUGA: Prediksi Nilai Tukar Rupiah 26 Oktober 2020

“Kemungkinan pergerakan besok [Selasa] berada di kisaran Rp14.600 – Rp14.750,” ujarnya kepada Bisnis, Selasa (27/10/2020).

Meski demikian, Ariston mengatakan, tren kenaikan rupiah masih cenderung terbatas. Hal tersebut disebabkan oleh lonjakan kasus positif virus corona pada beberapa wilayah di dunia.

Lebih lanjut, kabar simpang siur terkait kejelasan paket stimulus AS juga menghambat laju penguatan nilai rupiah.Ketidakpastian tersebut membuat para pelaku pasar masih memilih untuk memegang dolar AS.

BACA JUGA: Meski Menguat, Rupiah Masih Dibayangi Sentimen Paket Stimulus

“Mereka cenderung menahan diri masuk ke Indonesia karena masih banyak ketidakpastian dari luar,” tambahnya.

Pada perdagangan kemarin, rupiah menguat 10 poin ke posisi Rp14.650 per dolar AS. Penguatan rupiah terjadi di saat dolar AS menguat terhadap mata uang utama dunia. Indeks dolar tercatat menguat 0,21 persen menjadi 92,9610.

Kenaikan ini menambah panjang reli rupiah yang sudah berlangsung selama empat pekan. Dalam rentang waktu 2 Oktober hingga 23 Oktober 2020, penguatan nilai rupiah berkisar antara 27 poin hingga 165 poin.

[AS]

 

 

Saksikan video-video terbaru lainnya hanya di Channel Youtube Digtara TV. Jangan lupa, like comment and Subscribe.

 

Rupiah Diprediksi Menguat Terbatas

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan