Sabtu, 20 April 2024

Ratusan Pelajar dan Mahasiswa di Tapsel Dapat Beasiswa Senilai Rp.596 Juta

- Senin, 29 Juli 2019 09:03 WIB
Ratusan Pelajar dan Mahasiswa di Tapsel Dapat Beasiswa Senilai Rp.596 Juta

digtara.com | BATANGTORU – Pengelola tambang emas Martabe menyalurkan dana senilai Rp.596.240.000 untuk beasiswa bagi pelajar berprestasi di Kabupaten Tapanuli Selatan, Sumatera Utara. Dana beasiswa itu disalurkan lewat program Beasiswa Martabe Prestasi Tahun Ajaran 2019/2020.

Baca Juga:

Penyerahan dana beasiswa itu dilaksanakan di gedung Amfiteater Sopo Daganak, Kecamatan Batangtoru, Tapanuli Selatan. Hadir dalam penyerahan beasiswa itu, Manajemen PT Agincourt Resources, Wakil Bupati Tapanuli Selatan, Aswin Siregar beserta jajarannya dan juga Muspika Kecamatan Batangtoru dan Muara Batangtoru.

Direktur Operasional PT Agincourt Resources, Ed Cooney menyatakan Program Beasiswa Martabe Prestasi adalah salah satu program unggulan Tambang Emas Martabe di bidang pendidikan. Tujuan dari program ini adalah untuk meningkatkan akses pedidikan bagi siswa-siswi berprestasi dan berkomitmen tinggi yang berasal dari keluarga pra-sejahtera di Kecamatan Batangtoru dan Kecamatan Muara Batangtoru untuk mencapai tingkat pendidikan yang lebih tinggi.

“Program ini merupakan bentuk komitmen Tambang Emas Martabe untuk berbagi manfaat atas kehadiran tambang bagi masyarakat, khususnya dalam peningkatan sumber daya manusia di wilayah sekitar operasi Tambang Emas Martabe. Ini merupakan investasi sosial dan legacy yang diberikan oleh Tambang Emas Martabe untuk masyarakat Batangtoru dan Muara Batangtoru serta Tapanuli Selatan,” kata Ed Cooney.

Ed Cooney menjelaskan Program Beasiswa Martabe Prestasi tahun ini merupakan tahun ketiga dengan total jumlah penerima manfaat sebanyak 221 siswa yakni 190 siswa penerima beasiswa baru dan 31 penerima beasiswa lanjutan.
Dari sisi penerima, jumlah pada tahun ini meningkat 30 % dari tahun 2018. Sementara dari sisi niilai, yang disalurkan tahun ini meningkat 42 persen dari tahun sebelumnya yang hanya Rp.419.750.000

“Kami berharap para penerima beasiswa ini menjadi orang-orang sukses di masa depan dan dapat berkontribusi untuk kemajuan Batangtoru, Muara Batangtoru maupun Tapanuli Selatan,” kata Ed Cooney.Sementara itu Senior Manajer Hubungan Masyarakat PT Agincourt Resources, Pramana Triwahjudi, mengungkapkan jumlah penerima bantuan pendidikan dan beasiswa Martabe Prestasi TA 2017/2018 tingkat SD, SMP, SMA, D3, dan S1 tercatat sebanyak 185 siswa. Sedangkan jumlah penerima bantuan pendidikan dan beasiswa Martabe Prestasi TA 2018/2019 sebanyak 170 siswa, terdiri dari 145 penerima baru dan 25 penerima lanjutan.

Pramana menyatakan saat ini dari total 221 siswa penerima beasiswa TA 2019/2020 terdiri dari penerima Penghargaan Prestasi Akademis (SD dan SMP) sebanyak 149 siswa, penerima Penghargaan Prestasi Berkelanjutan (SMA, D3, dan S1) sebanyak 41 orang serta Penerima Beasiswa lanjutan dari ke tahun ajaran sebelumnya sebanyak 31 siswa.

“Mereka semua berhasil lolos dan memenuhi syarat untuk menerima Beasiswa Martabe Prestasi TA 2019/2020 ini,” kata Pramana.

Pramana menjelaskan pemberian Beasiswa Martabe Prestasi dibagi menjadi beberapa kategori. Kategori pertama adalah Penghargaan Akademis. Beasiswa ini ditujukan bagi siswa SD/Sederajat & SMP/ Sederajat.

Manfaat dari Beasiswa kategori ini berupa bantuan perlengkapan sekolah dan atau tunggakan pembayaran ke sekolah dengan nilai maksimal Rp.500.000 bagi siswa SD/Sederajat dan Rp.750.000 bagi siswa SMP/Sederajat. Bantuan ini diserahkan hanya satu kali pada tahun program berjalan.

Para penerima beasiswa berfoto bersama sesuai penganugerahan Beasiswa Martabe Prestasi Tahun Ajaran 2019/2020 (ist)

Sedangkan kategori Beasiswa Berkelanjutan ditujukan bagi siswa SMA/Sederajat, mahasiswa D3 dan S1. Beasiswa yang diberikan berupa biaya pendidikan sekolah/kuliah dan tunjangan biaya hidup sebesar total nilai: Rp. 3.000.000/tahun bagi siswa SMA/Sederajat sampai kelas XII (dua belas); Rp. 6.000.000/tahun bagi mahasiswa D3 di lembaga pendidikan negeri & swasta di wilayah Tabagsel, sampai semester ke-6 (enam); Rp. 6.000.000/tahun bagi mahasiswa S1 di Perguruan Tinggi negeri & swasta di wilayah Tabagsel, sampai semester ke-8 (delapan); serta Rp. 12.000.000/tahun bagi mahasiswa D3 di lembaga pendidikan negeri di luar wilayah Tabagsel, sampai semester ke-6 (enam); Rp. 12.000.000/tahun bagi mahasiswa S1 di Perguruan Tinggi negeri di luar wilayah Tabagsel, sampai semester ke-8 (delapan).

Tambang Emas Martabe dikelola dan dioperasikan oleh PT Agincourt Resources. Wilayah tambang mencakup area 30 km² yang berada dalam Kontrak Karya (KK) generasi keenam dengan total luas wilayah 1.303 km².

Tambang yang berlokasi di sisi barat pulau Sumatera, Kecamatan Batang Toru, Provinsi Sumatera Utara itu mulai berproduksi penuh pada 24 Juli 2012 dan memiliki basis sumber daya per tanggal 31 Desember 2017 sebesar 8,8 juta ounce emas dan 72 juta ounce perak.

Kapasitas operasi Tambang Emas Martabe adalah lebih dari 5 juta ton bijih per tahun untuk memproduksi lebih dari 300.000 ounce emas dan 2-3 juta ounce perak per tahun. PT Agincourt Resources melibatkan lebih dari 2.600 karyawan dan kontraktor, sekitar 98% di antaranya adalah warga negara Indonesia, dan lebih dari 70% berasal dari desa setempat.

PT Danusa Tambang Nusantara (PTDTN), adalah pemegang saham 95% dari PT Agincourt Resources. PTDTN merupakan anak usaha dari PT United Tractors Tbk. 60% dan PT Pamapersada Nusantara 40%, sekaligus merupakan bagian dari grup usaha PT Astra International Tbk. Kepemilikan saham 5% dimiliki  Pemerintah Kabupaten Tapanuli Selatan dan Provinsi Sumatera Utara.

[AS]

Ayo baca konten menarik lainnya dan follow kami di Google News
SHARE:
Tags
Berita Terkait
Tabrak Dump Truk, Mahasiswa Undana Kupang Meninggal di Tempat

Tabrak Dump Truk, Mahasiswa Undana Kupang Meninggal di Tempat

Daftar Harga Emas Pegadaian Rabu 20 September 2023, Antam dan UBS

Daftar Harga Emas Pegadaian Rabu 20 September 2023, Antam dan UBS

Kasat Lantas Polres Sikka Dilaporkan ke Propam, Ini Kasusnya

Kasat Lantas Polres Sikka Dilaporkan ke Propam, Ini Kasusnya

Mengenaskan! Jadi Korban Tabrak Lari, Mahasiswi di Kupang Meninggal Dunia

Mengenaskan! Jadi Korban Tabrak Lari, Mahasiswi di Kupang Meninggal Dunia

Dua Pelaku Pencurian dengan Kekerasan Diamankan Polres Sumba Timur

Dua Pelaku Pencurian dengan Kekerasan Diamankan Polres Sumba Timur

Kejati NTT Tahan Lima Tersangka Kasus Korupsi Persemaian Modern di Labuan Bajo

Kejati NTT Tahan Lima Tersangka Kasus Korupsi Persemaian Modern di Labuan Bajo

Komentar
Berita Terbaru