Ramadan dan Idul Fitri, BI Siapkan Rp152,14 Triliun Antisipasi Penukaran Uang

  • Whatsapp
Ramadan dan Idul Fitri, BI Siapkan Rp152,14 Triliun Antisipasi Penukaran Uang
Ilustrasi uang pecahan (internet)

digtara.com – Bank Indonesia (BI) menyiapkan Rp152,14 triliun uang kartal pada periode Ramadan dan Idul Fitri tahun ini.

Direktur Eksekutif Kepala Departemen Pengelolaan Uang Bank Indonesia Marlison Hakim mengatakan jumlah tersebut meningkat 39,33 persen jika dibandingkan realisasi tahun lalu yang sebesar Rp109,2 triliun.

Hal itu disampaikannya dalam konferensi pers virtual, seperti dilansir dari bisnis.com, Rabu (14/4/2021).

Muat Lebih

“BI menyiapkan uang kartal, baik uang kertas dan uang logam sebesar Rp152,14 triliun. Ini untuk didistribusikan di seluruh wilayah Indonesia,” katanya.

Marlison menjelaskan, kenaikan proyeksi kebutuhan uang kartal di periode Ramadan dan Idul Fitri di 2021 ini dipengaruhi oleh berbagai faktor.

Salah satunya BI telah memperhitungkan asumsi makroekonomi di mana kondisi ekonomi di Indonesia diperkirakan akan semakin baik ke depan.

Baca: Viral! Video Jambret Kasi Tips ke Emak-emak Biar Tak Jadi Sasaran Penjambretan

“Kita memperhatikan kebijakan pemerintah khususnya realisasi percepatan bansos tunai menjelang Idul Fitri. Kemudian kita lihat bagaimana kebijakan program vaksinasi yang mempengaruhi tingkat mobilitas masyarakat. Tingkat mobilitas makin tinggi maka kebutuhan uang kartal makin tinggi,” jelasnya.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan