Penumpang Bandara Kualanamu Diprediksi Naik 11 Persen

Jumat, 21 Desember 2018 08:56
Ilustrasi: Bandara Kualanamu Deliserdang.[net]
513 TKI Asal Malaysia Negatif Terjangkit Covid-19

digtara.com | DELISERDANG – Menjelang Natal dan Tahun Baru 2019 jumlah penumpang yang menggunakan jasa bandara di Bandara Internasional Kualanamu, Deliserdang, Sumatera Utara, diprediksi akan mengalami peningkatan sekira 11 persen setiap harinya.

Peningkatan ini terjadi seiring dengan semakin dekatnya perayaan Natal 2018 dan Tahun Baru 2019.

Manager Hukum dan Humas PT Angkasa Pura II Cabang Kualanamu, Wisnu Budi Setianto mengatakan, peningkatan jumlah penumpang sudah terjadi sejak beberapa hari terakhir. Bahkan hari ini jumlah penumpang tercatat meningkat lebih tinggi, mencapai 35.223 orang, dari kondisi biasanya yang hanya 26 ribu orang. 

Menurut Wisnu, lonjakan penumpang ini masih akan terus terjadi sampai akhir tahun nanti. Namun puncaknya diprediksi terjadi pada H-3 Natal 2018, 22 Desember 2018 mendatang.

“Perkiraaan kita jumlah penumpang bisa melonjak hingga 37 ribu orang perhari,” sebut Wisnu.

Wisnu lebih lanjut mengatakan, sejauh ini jumlah penumpang terbanyak yang berangkat dari Kualanamu, untuk tujuan Jakarta, Singapura dan Kualalumpur.

Sejauh ini, kata Wisnu, belum ada permintaan penambahan rute penerbangan dari pihak maskapai. Namun mereka telah melakukan persiapan pelayanan hingga 80 penerbangan tambahan.

“Sejauh ini belum ada,” tegasnya.

Sementara itu untuk mengantisipasi lonjakan penumpang itu, Wisnu mengaku pihaknya sudah melakukan persiapan. Diantaranya menggelar pengamanan bersama dengan sejumlah pemangku kepentingan lainnya.

“Hampir seluruh instansi pemerintah, TNI Polri dan stakeholder komunitas bandara ikut serta dalam apel bersama. Kita juga mengerahkan 700 petugas keamanan yang terdiri dari petugas keamanan bandara, TNI, Polri, dan Satpol PP serta stakeholder lainnya,” papar Wisnu.

Untuk kenyamanan penumpang, sebut Wisnu, mereka juga menyiapkan posko terpadu di Bandara Kualanamu. Posko ini bisa dimanfaatkan masyarakat untuk mencari informasi, melaporkan keluhan hingga mendapatkan layanan kesehatan.

“Posko Nataru ini akan ada di Bandara Kualanamu mulai hari ini hingga 6 Januari 2019,” tutupnya. 

Berita Terkait