Pengamat Ekonomi: UU Cipta Kerja Membuat Ekonomi Kita Mandiri

  • Whatsapp
Pengamat Ekonomi: UU Cipta Kerja Membuat Ekonomi Kita Mandiri
Pengamat Ekonomi USU, Wahyu Ario Pratomo. (istimewa)

digtara.com – Pengamat Ekonomi Universitas Sumatera Utara (USU), Wahyu Ario Pratomo menyebut Undang-undang (UU) Cipta Kerja menjadi salah satu regulasi yang kedepan akan membuat ekonomi Indonesia menjadi mandiri. Pengamat Ekonomi: UU Cipta Kerja Membuat Ekonomi Kita Mandiri

“Membangun pabrik itu mahal. Kita tidak punya uang dan teknologi memadai. Nah UU Cipta Kerja ini kan untuk mengundang investor sehingga barang mentah kita tidak diekspor tetapi cukup dikonsumsi di dalam negeri. Sehingga kita membeli barang itu sendiri dan jadi mandiri,” terangnya kepada digtara.com, Kamis (15/10/2020).

Menurutnya, selama ini Indonesia hanya menjual bahan mentah saja. Lalu kemudian membeli barang jadi dari negara yang memproduksi hasil.

Muat Lebih

Hal itu menandakan sampai saat ini sektor ekonomi belum dapat memproduksi barang hingga dapat dipasarkan. Selain itu juga, kebijakan ini ke depan dapat menyerap tenaga kerja.

“Memang untungnya akan dibawa perusahaan ke luar. Tetapi dampak positifnya yang kerja siapa? Tentunya masyarakat Indonesia,” ungkapnya.

Ia mengungkapkan kalau UU Cipta Kerja ini berjalan, maka ada beberapa negara yang ketar ketir seperti Malaysia dan Singapore.

Bahkan negara tersebut pastinya senang Indonesia rusuh mempersoalkan UU Cipta Kerja agar mereka tidak kehilangan pasarnya.

“Misalnya kita negara penghasil bahan mentah mengantar barang ke negara yang membuat produk jadi. Itu ongkos saat mengirimkan barang jadi kembali ke negara yang memberikan bahan mentah akan dibebankan pada negara penerima,” sebutnya.

Nah, lanjutnya, kalau sudah sampai menjadi negara yang memproduksi barang jadi maka ongkos itu akan terpotong dan mereka akan kelabakan karena kehilangan pasar. Sebenarnya cara ini yang sering dipakai beberapa negara seperti Malaysia dan Singapore.

“Karena kalau Indonesia dikelola dengan benar maka ekonomi Malaysia bisa mati. Karena pengusaha tidak lagi melirik Malaysia. Sayangnya UU itu langsung dicap negatif pro asing dll. Memang benar, tetapi jangka panjangnya akan luar biasa,” tambahnya.

[ya]  Pengamat Ekonomi: UU Cipta Kerja Membuat Ekonomi Kita Mandiri

Saksikan video-video terbaru lainnya hanya di Channel YoutubeDigtara TVJangan lupa, like comment and Subscribe.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan