Jumat, 19 April 2024

Kartu Prakerja Gelombang 12 Segera Dibuka, Begini Cara Daftarnya!

Arie - Sabtu, 02 Januari 2021 10:25 WIB
Kartu Prakerja Gelombang 12 Segera Dibuka, Begini Cara Daftarnya!

digtara.com – Awal tahun 2021, ada kabar baik bagi warga yang ingin mengikuti Program Kartu Prakerja. Sebab pendaftaran Kartu Prakerja Gelombang 12 akan dibuka di tahun ini. Kartu Prakerja Gelombang 12

Baca Juga:

Warga yang sudah bekerja, belum bekerja atau ingin meningkatkan kemampuan bekerja bisa mengikuti pendaftaran Kartu Prakerja. Cara pendaftaran Kartu Prakerja Gelombang 12 pun bisa disimak.

Dengan demikian, warga bisa mempersiapkan administrasi yang diperlukan untuk pendaftaran Kartu Prakerja untuk mendapat fasilitas pendidikan dan bantuan tunai.

Sepanjang tahun 2020, tercatat 43 juta orang yang mendaftar dalam program Kartu Prakerja. Namun Pemerintah belum bisa mengakomodir seluruh pendaftar.

Dari 43 juta pendaftar itu baru sebanyak 5,9 juta orang yang diakomodir dalam 11 gelombang Kartu Prakerja.

Mengutip dari Suara.com, karena banyaknya peminat dalam program Kartu Prakerja tahun lalu, pemerintah mengumumkan akan membuka kembali program tersebut di tahun 2021.

“Program ini sudah mencapai target kepesertaan 100% atau kurang lebih 5,6 juta orang. Tapi, saya dengar yang daftar itu ada 43 juta orang, cukup besar sekali, maka dari itu kami dari pemerintah memutuskan insyaallah melanjutkan kegiatan ini di 2021. Insyaallah,” kata Ma’ruf Amin dalam webinar yang diadakan PMO Kartu Prakerja, akhir tahun lalu.

Rencananya pemerintah akan mengubah program tersebut menjadi semi bansos. Tujuannya untuk menekan dampak pandemi Covid-19.

Saat ini, belum ada pengumuman kapan Kartu Prakerja Gelombang 12 akan dibuka. Peserta yang sudah diterima tahun 2020 dipastikan tidak bisa mengikuti program ini lagi pada 2021.

Berikut cara daftar Kartu Prakerja Gelombang 12:

1. Login kartu prakerja di laman www.prakerja.go.id

2. Siapkan nomor Kartu Keluarga (KK) dan Nomor Induk Kependudukan (NIK), masukkan data diri, dan ikuti petunjuk untuk menyelesaikan proses pemeriksaan akun.

Harap diperhatikan agar lolos kartu prakerja gelombang 12 yakni nama, tanggal lahir, dan alamat harus sesuai data di KTP.

3. Siapkan alat tulis untuk mengikuti tes motivasi dan kemampuan dasar secara online

4. Klik Gabung pada gelombang daftar Prakerja yang sedang dibuka

5. Tunggu pengumuman seleksi peserta yang lolos daftar Kartu Prakerja Gelombang 12.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menegaskan masih akan melanjutkan berbagai program bantuan sosial (bansos) seperti yang diberikan oleh Pemerintah sepanjang tahun 2020.

Untuk diketahui, sepanjang tahun 2020, Pemerintah Indonesia menggelontorkan berbagai bansos untuk membantu masyarakat karena dampak pandemi Covid-19.

Kini di tahun 2021, berbagai bansos itu akan terus dilanjutkan oleh Pemerintah.

“Pada APBN tahun 2021, anggaran sebesar Rp 110 triliun telah disiapkan oleh pemerintah untuk melanjutkan program perlindungan sosial berupa program kartu sembako kepada 18,8 juta keluarga penerima manfaat (KPM), Program Keluarga Harapan (PKH), bansos tunai bagi 10 juta KPM, program Kartu Prakerja, Dana Desa, dan diskon listrik,” kata Presiden Jokowi pada akhir tahun 2020.

Untuk Kartu Prakerja sendiri sudah akan dibuka pada tanggal 5 Januari 2021, setelah ditutup pada medio Desember 2020.

Pembukaan program Kartu Prakerja pada 5 Januari itu untuk membayar intensif peserta yang belum terbayarkan pada Desember 2020.

Adapun pembukaan pendaftaran gelombang ke-12 Kartu Prakerja belum diumumkan oleh manajemen Kartu Prakerja.

Head of Communications Manajemen Pelaksana Kartu Prakerja Louisa Tuhatu mengatakan, Kartu Prakerja baru memastikan bahwa gelombang 12 akan dibuka pada 2021.

Yang berhak menjadi peserta dalam Kartu Prakerja di tahun 2021 ini adalah mereka yang tidak termasuk sebagai peserta dalam 11 gelombang sebelumnya di tahun 2020.

Begitu juga dengan peserta yang sudah masuk daftar blacklist di tahun 2020, tidak bisa ikut dalam program Kartu Prakerja di tahun 2021. Ada ribuan orang yang diblacklist karena tidak membeli pelatihan.

Ayo baca konten menarik lainnya dan follow kami di Google News
Editor
: Arie
SHARE:
Tags
Berita Terkait
Tabrak Dump Truk, Mahasiswa Undana Kupang Meninggal di Tempat

Tabrak Dump Truk, Mahasiswa Undana Kupang Meninggal di Tempat

Daftar Harga Emas Pegadaian Rabu 20 September 2023, Antam dan UBS

Daftar Harga Emas Pegadaian Rabu 20 September 2023, Antam dan UBS

Kasat Lantas Polres Sikka Dilaporkan ke Propam, Ini Kasusnya

Kasat Lantas Polres Sikka Dilaporkan ke Propam, Ini Kasusnya

Mengenaskan! Jadi Korban Tabrak Lari, Mahasiswi di Kupang Meninggal Dunia

Mengenaskan! Jadi Korban Tabrak Lari, Mahasiswi di Kupang Meninggal Dunia

Dua Pelaku Pencurian dengan Kekerasan Diamankan Polres Sumba Timur

Dua Pelaku Pencurian dengan Kekerasan Diamankan Polres Sumba Timur

Kejati NTT Tahan Lima Tersangka Kasus Korupsi Persemaian Modern di Labuan Bajo

Kejati NTT Tahan Lima Tersangka Kasus Korupsi Persemaian Modern di Labuan Bajo

Komentar
Berita Terbaru