Jelang Ramadan, Harga Cabai Mulai Naik di Pasar Tradisional Kota Medan

Kamis, 10 Maret 2022 09:39
digtara.com/mag-04
Jelang Ramadan, Harga Cabai Mulai Naik di Pasar Tradisional Kota Medan

digtara.com – Harga cabai mulai naik di sejumlah pasar tradisional di Kota Medan jelang bulan suci Ramadan 1443 hijriah.

Kenaikan harga cabai tersebut seperti yang terjadi di Pasar MMTC Kota Medan.

Salah seorang pedagang di pasar MMTC yang menjual Cabai, Boru Saragih, menuturkan bahwa harga cabai mengalami kenaikan beberapa pekan terakhir ini.

“Sebenarnya kenaikan harga cabai kalau menjelang bulan puasa sedikit ada kenaikan, namun kenaikan kali ini lumayan tinggi,  sebelumnya harga cabai merah Rp 40 ribu, sekarang mencapai Rp 55 ribu, dan bahkan kemarin sampai Rp 60 ribu perkilo,” ujarnya.

Kenaikan serupa juga terjadi di Pasar Sei Sikambing dan Pasar kampung Lalang Medan.

Akibat naiknya harga cabai tersebut banyak masyarakat yang berbelanja mengeluh.

“Dampak dari kenaikan harga pokok terutama cabai,  daya beli masyarakat berkurang. Saat pembeli datang menanyakan harga,  mereka semua mengeluh semuanya mahal, itulah keluhan para pembeli,” tambahnya.

Dia menyebutkan faktor cuaca juga menjadi penyebab harga menjadi melambung, karena pasokan barang menjadi sulit, dan petani juga mulai menaikkan harga.

“Kemungkinan salah satu faktor yang mempengaruhi juga faktor cuaca ekstrem  di daerah gunung. Hal itu membuat pasokan barang menjadi langka, sedangkan pasokan cabai dan lainya hanya dari Berastagi saja,” terangnya.

Ia berharap pemerintah Kota Medan untuk selalu memantau seluruh harga bahan pokok menjelang bulan suci Ramadan tahun ini.

“Harapannya untuk pemerintah Kota Medan,  agar terus memperhatikan harga bahan pokok terutama menjelang bulan puasa ini. Harga barangnya sudah naik dari para petani sana ya kan, jadi tidak bisa komplain, tentunya kami pedagang juga harus menaikan harga,” pungkasnya.

Saksikan video-video terbaru lainnya hanya di Channel Youtube kami. Jangan lupa, like comment and Subscribe

Jelang Ramadan, Harga Cabai Mulai Naik di Pasar Tradisional Kota Medan

Berita Terkait