Jumat, 19 April 2024

IHSG Bakal Menguat Sampai Akhir Tahun Ini

- Senin, 11 November 2019 00:38 WIB
IHSG Bakal Menguat Sampai Akhir Tahun Ini

digtara.com | JAKARTA – Pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) di perdagangan Jumat 8 November 2019 kemarin berhasil menguat 0,20% ke level 6.177,99. Tapi, IHSG masih tercatat turun 0,27% secara year to date.

Baca Juga:

Berdasarkan Sejumlah analis optimistis IHSG pada kuartal akhir tahun ini bakal kembali menguat. Head of Investment Research Infovesta Utama Wawan Hendrayana memproyeksi, IHSG akan menyentuh 6.500 atau meningkat sekitar 3% sampai tutup tahun ini. Salah satu sentimen positif yang bisa menopang kenaikan IHSG adalah window dressing. Wawan mengatakan, secara historis window dressing dapat menguatkan IHSG antara 2% hingga 3%.

Kemudian, pasar juga tengah menunggu program atau kebijakan dari pemerintahan yang baru. “Harapannya di bulan ini atau bulan depan sudah diumumkan, kebijakannya seperti apa, harapannya bisa jadi sentimen positif,” kata Wawan.

Selanjutnya sentimen positif dari global yaitu meredanya perang dagang antara Amerika Serikat AS dengan China. Wawan mengatakan, target IHSG 6.500 ini sudah direvisi dari target awal tahun bisa mencapai 6.900. Pemangkasan target pergerakan IHSG ini dipengaruhi oleh melambatnya pertumbuhan ekonomi.

Begitu juga untuk kinerja emiten pada kuartal III 2019. Menurut Wawan, capaian kinerja emiten masih di bawah ekspektasi. Adapun sebagian perusahaan yang mencetak pertumbuhan kinerja, akan tetapi trennya menurun ketimbang periode yang sama tahun sebelumnya. “Ada beberapa perusahaan yang kinerjanya positif, tapi pertumbuhannya hanya sekitar 7% hingga 8%,” tambahnya.

Wawan menambahkan, saham-saham berkapitalisasi besar masih memiliki prospek yang menarik dalam jangka waktu panjang. “Saham-saham big caps yang terkoreksi misalnya saja dari sektor perbankan BBCA dan BBRI, secara laporan keuangan baik tapi kemarin terkoreksi karena beberapa sentimen,” paparnya.

Selain dari sektor perbankan, saham-saham dari sektor telekomunikasi juga masih menarik. Wawan merekomendasikan investor untuk buy saham TLKM dengan target harga Rp 4.500, kemudian ISAT dengan harga Rp 3.400, dan EXCL dengan harga Rp 3.500.
Adapun sebagian perusahaan yang mencetak pertumbuhan kinerja, akan tetapi trennya menurun ketimbang periode yang sama tahun sebelumnya.

“Ada beberapa perusahaan yang kinerjanya positif, tapi pertumbuhannya hanya sekitar 7% hingga 8%,” tambahnya.

Wawan menambahkan, saham-saham berkapitalisasi besar masih memiliki prospek yang menarik dalam jangka waktu panjang.

“Saham-saham big caps yang terkoreksi misalnya saja dari sektor perbankan BBCA dan BBRI, secara laporan keuangan baik tapi kemarin terkoreksi karena beberapa sentimen,” paparnya.

Selain dari sektor perbankan, saham-saham dari sektor telekomunikasi juga masih menarik.

Wawan merekomendasikan investor untuk buy saham TLKM dengan target harga Rp 4.500, kemudian ISAT dengan harga Rp 3.400, dan EXCL dengan harga Rp 3.500.

Analis Jasa Utama Capital Sekuritas Chris Apriliony pun memprediksi IHSG akan ditutup di level 6.500 hingga 6.600 pada 2019.

“Sentimen positif ada perang dagang yang sepertinya akan berakhir dan window dressing,” kata Chris.

Sementara beberapa pemberat IHSG yaitu dari sektor perbankan lantaran bunga kredit berpeluang turun. Chris menyarankan investor untuk jeli melihat peluang seiring dengan banyaknya saham-saham murah di bursa saat ini.

Beberapa sektor yang menurut Chris menarik meliputi sektor pertambangan, CPO, konstruksi, dan telekomunikasi.[kontan]

Ayo baca konten menarik lainnya dan follow kami di Google News
SHARE:
Tags
Berita Terkait
Tabrak Dump Truk, Mahasiswa Undana Kupang Meninggal di Tempat

Tabrak Dump Truk, Mahasiswa Undana Kupang Meninggal di Tempat

Daftar Harga Emas Pegadaian Rabu 20 September 2023, Antam dan UBS

Daftar Harga Emas Pegadaian Rabu 20 September 2023, Antam dan UBS

Kasat Lantas Polres Sikka Dilaporkan ke Propam, Ini Kasusnya

Kasat Lantas Polres Sikka Dilaporkan ke Propam, Ini Kasusnya

Mengenaskan! Jadi Korban Tabrak Lari, Mahasiswi di Kupang Meninggal Dunia

Mengenaskan! Jadi Korban Tabrak Lari, Mahasiswi di Kupang Meninggal Dunia

Dua Pelaku Pencurian dengan Kekerasan Diamankan Polres Sumba Timur

Dua Pelaku Pencurian dengan Kekerasan Diamankan Polres Sumba Timur

Kejati NTT Tahan Lima Tersangka Kasus Korupsi Persemaian Modern di Labuan Bajo

Kejati NTT Tahan Lima Tersangka Kasus Korupsi Persemaian Modern di Labuan Bajo

Komentar
Berita Terbaru