Hati-hati! 22 Bisnis Asuransi Punya Produk Mirip Saving Plan Jiwasraya

  • Whatsapp

digtara.com – Sebanyak 22 anggota Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI) menjual produk saving plan yang mirip dengan produk PT Asuransi Jiwasraya (Persero) . Namun, tidak semuanya bermasalah serupa dengan yang menimpa Jiwasraya.

Ketua AAJI Budi Tampubolon menegaskan tidak ada yang salah dengan produk saving plan. Kesalahan seperti yang terjadi pada Jiwasraya adalah dari sisi pengelolaan atau desain produk dengan imbal hasil terlalu agresif.

“Dalam studi AAJI ada 22 perusahaan asuransi jiwa yang jual produk yang mirip dengan Jiwasraya, dari 60 anggota AAJI. Namun, tidak semuanya bermasalah, yang bermasalah segelintir, mungkin dalam bahasa sehari-hari oknum,” ujarnya dalam diskusi Menuntaskan Restrukturisasi Polis Jiwasraya, Rabu (28/4/2021).

Muat Lebih

Saving plan sendiri merupakan salah satu jenis produk yang sifatnya non unit link. Produk ini menawarkan manfaat perlindungan terhadap risiko jiwa sekaligus memberikan tambahan manfaat investasi saat akhir kontrak asuransi atau apabila terdapat penghentian pertanggungan.

Meski ada kasus Jiwasraya, Budi tetap meyakini masa depan industri asuransi jiwa tetap positif.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan