Harga Minyak Dunia Bergerak Stagnan di Level US$ 51 Per Barel

  • Whatsapp

Jakarta – Harga minyak flat pada awal perdagangan hari ini. Selasa (11/12) pukul 7.21 WIB, harga minyak west texas intermediate (WTI) untuk pengiriman Januari 2019 di New York Mercantile Exchange berada di US$ 51 per barel, sama dengan harga penutupan Senin.

Kemarin, harga minyak acuan AS ini merosot 3,06% dari harga penutupan pekan lalu US$ 52,61 per barel. Harga minyak brent untuk pengiriman Februari 2019 di ICE Futures pun kemarin turun 2,76%.

Menteri Minyak Irak Thamer Ghadhban mengatakan bahwa penurunan harga minyak akan terhenti dan harga akan naik perlahan. Dia menambahkan bahwa kalau OPEC tidak memangkas produksi, harga minyak bisa merosot ke kisaran US$ 45 per barel hingga US$ 50 per barel.

Muat Lebih

Ghadhban mengatakan bahwa penurunan ekspor Irak yang terjadi belakangan karena faktor cuaca.

“Target kami mencapai kapasitas ekspor 6,5 juta barel per hari, tapi melalui beberapa tahapan,” kata dia.

Meski ada pemangkasan dari sisi pasokan, permintaan minyak pun diperkirakan turun seiring perlambatan pertumbuhan ekonomi global. “Kekhawatiran pada ekonomi global dan prospek permintaan minyak menjadi faktor negatif bagi pasar,” kata John Kilduff, partner Again Capital Management kepada Reuters.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan