Dipengaruhi PSBB Jakarta, Rupiah Melemah ke level Rp 14.913 per dolar AS

  • Whatsapp
Rupiah Tertekan ke Level 14.571 di Tengah Indeks Dolar Yang Diserang Aksi Jual
Ilustrasi: Perdagangan Mata Uang (Internet)

digtara.com – Rupiah dibuka melemah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) pada perdagangan Jumat (11/9/2020). Ini merupakan kelanjutkan pelemahan rupiah dalam beberapa hari terakhir. Dipengaruhi PSBB Jakarta, Rupiah Melemah ke level Rp 14.913 per dolar AS

Mengutip Bloomberg, rupiah dibuka melemah 0,39% atau turun 58 poin ke level Rp 14.913 per dolar AS, bila dibandingkan dengan harga penutupan kemarin, Kamis.

Padahal pada penutupan perdagangan kemarin, rupiah juga melemah 0,38% atau turun 56 poin ke level Rp 14.855 per dolar AS.

Muat Lebih

Pelemahan rupiah ini tak terlepas dari kekhawatiran pasar akan berlakunya Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSSB) di DKI Jakarta yang diprediksi akan terus menekan pertumbuhan ekonomi Indonesia.

Sebelumnya, Analis HFX International Berjangka Ady Phangestu mengungkapkan, pelemahan rupiah ke level Rp 14.800 per dolar AS erat kaitannya dengan rencana DKI Jakarta untuk menerapkan PSBB total di pekan depan.

“Itu membuat rupiah terjungkal, sentimen pelaku pasar menjadi memburuk dan data ekonomi dalam negeri juga menunjukkan resesi,” kata Ady, seperti dikutip dari Kontan.co.id, Jumat (11/9/2020).

Baca: Pasar Cenderung Stabil, Rupiah dan IHSG Bergerak Tipis

Dengan penerapan PSBB total bahkan jika berlanjut hingga bulan depan, Ady memperkirakan PDB kuartal IV-2020 berisiko terkontraksi. Ini karena, kontribusi DKI Jakarta terhadap pembentukan PDB nasional adalah yang tertinggi.

Saksikan video-video terbaru lainnya hanya di Channel YoutubeDigtara TVJangan lupa, like comment and Subscribe.

Dipengaruhi PSBB Jakarta, Rupiah Melemah ke level Rp 14.913 per dolar AS

Pos terkait

Tinggalkan Balasan