Bursa Asia Turun Tersengat Efek Apple

Jumat, 04 Januari 2019 11:25
<p>A man looks at an electronic stock quotation board showing Japan's Nikkei average outside a brokerage in Tokyo, Japan, November 13, 2018. REUTERS/Toru Hanai</p>

digtara.com | JAKARTA – Bursa saham Asia pada Jumat (4/1) Pukul 8:22 melemah terutama pada bursa saham Jepang Nikkei 225 yang merosot hingga 3,73% ke level 19.279,04, adapun bursa saham KOSPI turun 0,15% ke level 1.991,06, Taiwan TAIEX juga turun turun 1,23% ke level 9371,79.

Mengutip Bloomberg, Jumat (4/1) menjelaskan bahwa bursa saham Asia melemah karena adanya data ekonomi yang lemah menambah kecemasan tentang pertumbuhan global dan prospek penjualan Apple Inc.

Saham Jepang jatuh karena pedagang kembali dari istirahat tahun baru yang diperpanjang, dengan penurunan pemasok Apple dan kenaikan Yen membebani sentimen. Saham Apple jatuh terbesar sejak 2013 setelah adanya pelambatan dari manufaktur China.

Adanya pelambatan manufaktur China, menambah kecemasan bahwa resesi tampak lebih besar dari yang diperkirakan sebelumnya. Delta Airlines Inc. bergabung dengan Apple dalam daftar perusahaan yang semakin banyak memperingatkan bahwa perang perdagangan dan kekacauan politik mungkin membebani laba perusahaan.

Jason Schenker dari Prestige Economics berbicara tentang “gelembung teknologi,” kebijakan Federal Reserve, komoditas, dan saham. Di tempat lain, harga minyak jatuh setelah naik ke dekat tertinggi dua minggu selama empat sesi berturut-turut.

Pedagang menimbang tanda-tanda bahwa OPEC sedang menindaklanjuti pemotongan produksi terhadap petunjuk perlambatan ekonomi.

Berita Terkait