Anjlok Lagi! Harga Minyak Dunia Makin Murah hingga ke Level USD 83/Barel

Rabu, 21 September 2022 08:36
int
Ilustrasi

digtara.com – Harga minyak dunia makin murah alias merosot pada perdagangan hari Selasa, mengikuti kejatuhan aset berisiko lainnya, karena dolar bergerak menguat dan investor mengantisipasi lebih banyak kenaikan suku bunga bank sentral yang dirancang untuk meredam inflasi.

Melansir suara.com Rabu (21/9/2022) minyak mentah berjangka Brent, patokan internasional, ditutup anjlok USD1,38, atau 1,5 persen menjadi USD90,62 per barel.

Sementara itu, patokan Amerika Serikat, minyak mentah berjangka West Texas Intermediate untuk kontrak pengiriman Oktober berakhir di posisi USD84,45, melorot USD1,28, pada hari kedaluwarsanya.

Baca: Harga Minyak Dunia kembali ke Posisi Terendah, BBM di RI Bisa Turun?

Kontrak November yang lebih aktif menyusut USD1,42 menjadi USD83,94 per barel.

Brent dan WTI berada di jalur untuk penurunan kuartalan terburuk dalam persentase sejak awal pandemi Covid-19. Brent menyentuh USD139 per barel pada Maret, level tertinggi sejak 2008.

Sebelumnya, Federal Reserve kemungkinan menaikkan suku bunga 75 basis poin lagi pada Rabu untuk mengendalikan inflasi. Ekspektasi tersebut membebani ekuitas, yang sering bergerak seiring dengan harga minyak.

Bank sentral lainnya, termasuk Bank of England, juga akan menggelar pertemuan minggu ini.

Suku bunga yang lebih tinggi mendukung dolar, yang tetap mendekati level tertinggi dua dekade terhadap rivalnya, Selasa, membuat minyak lebih mahal bagi pemegang mata uang lainnya.

Laman: 1 2

Berita Terkait