Jumat, 29 Maret 2024

10 Ribu Santri di Sumut Siap Jalankan Program Santripreneur Berbasis UKMK Sawit

- Kamis, 01 Oktober 2020 12:52 WIB
10 Ribu Santri di Sumut Siap Jalankan Program Santripreneur Berbasis UKMK Sawit

digtara.com – Sebanyak 10 ribu santri di Sumatera Utara akan dikerahkan untuk mendukung program Santripreneur berbasis sawit yang dicanangkan pemerintah Pusat.

Baca Juga:

Hal itu ditegaskan Gubernur Sumatera Utara, Edy Rahmayadi saat mengikuti kegiatan seminar launching pengembangan potensi Santripreanur berbasis UKMK Sawit, Kamis (1/10/2020).

Ikut hadir secara virtual dalam seminar itu, Wakil Presiden RI Ma’ruf Amin, Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati. Kemudian Gubernur Riau dan Gubernur Sumatera Selatan.

Menurut Edy, program Santripreneur berbasis UKMK sawit ini akan efektif dalam pemberdayana ekonomi daerah.

BACA JUGA: Ini 9 Poin Rekomendasi Pertemuan Santri dan Ulama di Medan

“Segera akan kami tindaklanjuti. Kami akan mengajak seluruh 33 kabupaten/kota yang ada di Sumut untuk dapat mengembangkan potensi kelapa sawit ini pada seluruh santri,” ucap Edy.

Dijelaskan Edy, di Sumut terdapat 283 pondok pesantren yang tersebar di seluruh kabupaten/kota, di antaranya terdapat 3 pondok pesantren yang tertua yaitu Pondok Pesantren Maslurah (1912) berada di Kabupaten Langkat, Madrasah Maktab Islamiyah Tapanuli (1975) berada di Medan, dan Pondok Pesantren Mustafawiyah Purba Baru didirikan tahun 1920 berada di Tapanuli Selatan oleh Syaikh Musthafa Husain.

“Dengan jumlah sekitar 100.000 santri yang ada di Sumut saat ini, menunjukkan bahwa banyak potensi berwirausaha yang dapat dikembangkan dari para santri,” kata Edy.

Untuk luas perkebunan kelapa sawit di Sumut mencapai 1.312.913,70 hektare (Ha). Dari jumlah tersebut seluas 553.992,63 Ha (42,20%) di antaranya dikelola oleh perusahaan perkebunan swasta. Sekitar 439.315,00 Ha (33,50%) merupakan perkebunan sawit rakyat. Kemudian 319.606,07 Ha (24,20%) dikelola perusahaan perkebunan negara.

BACA JUGA: Kluster Pondok Pesantren Terbanyak Terpapar Covid-19 di Polman

KEMANDIRIAN

Wakil Presiden RI Ma’ruf Amin dalam arahannya sekaligus membuka seminar tersebut mengatakan pemerintah berupaya meningkatkan ekonomi syariah di pesantren dengan basis koperasi. Pesantren dinilai memiliki ciri khas dan kemandirian di tengah masyarakat yang berorientasi meningkatkan kesejahteraannya.

“Pemerintah menyambut baik program Santripreanur ini yang diharapkan mampu memberikan manfaat bagi masyarakat sekitarnya. Saya menyebutnya dengan Gus Iwan yakni bagus ngajinya tapi juga usahawan. Kita mengharapkan pesantren juga menjadi pusat inovasi dan pemberdayaan ekonomi selain dakwah,” ucap Ma’ruf Amin.

Dijelaskannya, industri kelapa sawit memiliki peran strategis yang menghasilkan 50% pangsa pasar di dunia. Di tengah pandemi kinerja ekspor mengalami penurunan, justru di dalam negeri masih tumbuh positif.

 

Positif Untuk…

POSITIF UNTUK PESANTREN

Sementara itu, Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menyatakan, seminar ini merupakan kombinasi yang sangat baik. Kelapa sawit merupakan kegiatan perkebunan yang sangat penting di Indonesia yang akan menciptakan dampak positif di pesantren dan negara.

“Kelapa sawit memiliki nilai tambah sektor hilir sangat besar. Indonesia masih memiliki potensi, hilirisasi akan menciptakan kegiatan ekonomi, namun juga kesempatan kerja dan kemandirian sektor pangan,” ucap Sri Mulyani, sembari berharap industri kelapa sawit menjadi motor penggerak menciptakan kesejahteraan.

Sri Mulyani mengajak para santri yang ingin menjadi entrepreneur untuk dapat memiliki ide, meraih kesempatan dengan mengetahui risiko, lalu berani mengambil tindakan. Bagi para santri juga dapat bekerja sama dengan dinas koperasi dan permodalan lainnya.

“Kerja sama pemerintah, akademisi dan swasta akan dapat memberikan manfaat yang baik. Perhatian Pemda dapat melakukan kombinasi dengan menggunakan dana desa/BUMDes yang berbasis syariah. Pemimpin diharapakan menjadi pembimbing dalam meningkatakan kesejahteraan masyarakat. Dan Santripreneur ini harus terus ditingkatkan dengan bantuan Pemda,” tandasnya.

[AS]

 

https://www.youtube.com/watch?v=ELXfetKHmo4

 

Saksikan video-video terbaru lainnya hanya di Channel YoutubeDigtara TV. Jangan lupa, like comment and Subscribe.

Ayo baca konten menarik lainnya dan follow kami di Google News
SHARE:
Tags
Berita Terkait
Tabrak Dump Truk, Mahasiswa Undana Kupang Meninggal di Tempat

Tabrak Dump Truk, Mahasiswa Undana Kupang Meninggal di Tempat

Daftar Harga Emas Pegadaian Rabu 20 September 2023, Antam dan UBS

Daftar Harga Emas Pegadaian Rabu 20 September 2023, Antam dan UBS

Kasat Lantas Polres Sikka Dilaporkan ke Propam, Ini Kasusnya

Kasat Lantas Polres Sikka Dilaporkan ke Propam, Ini Kasusnya

Mengenaskan! Jadi Korban Tabrak Lari, Mahasiswi di Kupang Meninggal Dunia

Mengenaskan! Jadi Korban Tabrak Lari, Mahasiswi di Kupang Meninggal Dunia

Dua Pelaku Pencurian dengan Kekerasan Diamankan Polres Sumba Timur

Dua Pelaku Pencurian dengan Kekerasan Diamankan Polres Sumba Timur

Kejati NTT Tahan Lima Tersangka Kasus Korupsi Persemaian Modern di Labuan Bajo

Kejati NTT Tahan Lima Tersangka Kasus Korupsi Persemaian Modern di Labuan Bajo

Komentar
Berita Terbaru