Terkesan ‘Saling Serang’ Soal Plagiat, Forum Peduli USU Menilai Dua Kubu Rektor Perang Kekuasaan

  • Whatsapp
Setelah Rektor Baru Terbukti, Bagaimana Perkembangan Dugaan Plagiat Rektor USU?
Prof Runtung Sitepu (istimewa)

digtara.com – Forum Peduli Universitas Sumatera Utara (USU) menilai rektor terpilih, Muryanto Amin dan rektor yang masih menjabat, Runtung Sitepu terkesan saling serang soal plagiat.

“Itu yang dilihat publik. Makanya sejak awal ini terlihat politis karena perang kekuasaan jadinya,” jelas Juru Bicara Forum Peduli USU, Dr.Iskandar Zulkarnaen kepada digtara.com melalui saluran telepon, Sabtu (16/1/2021).

Menurutnya nuansa politis isu plagiat ini sudah terasa sejak awal. Sebab plagiat Muryanto dipersoalkan setelah beberapa hari terpilih sebagai rektor baru USU.

Muat Lebih

Kemudian, disusul pula pelaporan dugaan plagiat yang menyeret nama Runtung. Bahkan juga mencantumkan nama calon rektor yang sempat melawan Muryanto di pemilihan rektor USU 2020, yakni Farhat yang kini masih menjabat sebagai sekretaris USU.

“Selain itu, tim yang memeriksa plagiat Muryanto juga masuk dalam laporan itu,” pungkasnya.

Laporan yang dimaksud adalah aduan masyarakat di www.lapor.go.id perihal dugaan plagiarisme.

Baca: Setelah Rektor Baru Terbukti, Bagaimana Perkembangan Dugaan Plagiat Rektor USU?

Hal itu diketahui publik melalui surat yang beredar dengan Nomor : 218/UN5.1.R2/SDM/2021, tertanggal 11 Januari 2021. Surat itu ditandatangi oleh Wakil Rektor II USU, Prof. Dr dr Fidel Ganis Siregar.

Tidak Wajar

Isi surat itu menjelaskan, pihak USU harus menindak lanjuti aduan masyarakat paling lama 50 hari. Adapun nama yang diduga plagiat adalah Runtung Sitepu, Mahyuddin Nasution, Farhat, Maria Kaban, Kharisma Prasetya Adhyatma, Fauriski F. Prapiska, Ginanda Putra Siregar, dan Syah Mirsya Warli.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan