PWI Binjai Gelar Pelatihan Jurnalistik di SMAN 7, Djohar Arifin Apresiasi Kegiatan Pengenalan Jurnalistik Kepada Siswa

Sabtu, 19 November 2022 20:45

Digtara.com – Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Binjai mengelar pelatihan jurnalistik bersama siswa -siswi SMAN 7 Binjai di Jalan Sawi, Kelurahan Payaroba, Kecamatan Binjai Barat, Sabtu (19/11/22).

Dalam sambutannya, Ketua PWI Binjai, Arma Delisa Budi A.md menyampaikan, di era digitalisasi sekarang, perkembangan dunia jurnalis cukup dinamis, siwa-siswi sudah selayaknya mengenal tulisan berita yang di kemas oleh wartawan. “Kalian harus bisa membedakan mana hasil karya berita yang di tulis wartawan dengan informasi medsos,” terangnya.

Oleh karenanya, lanjut Budi, PWI hadir bersama siswa-siswi untuk memberikan edukasi tentang pemahaman berita dan cara membuat berita yang benar. “Yang perlu dipahami, media sosial bukan produk karya jurnalistik wartawan, melainkan hanya sekedar informasi saja yang masih perlu didalami kebenarannya,” pungkasnya.

“Semoga kegiatan ini nantinya dapat bermanfaat sebagai pengetahuan yang disampaikan oleh pemateri tentang proses pembuatan poto jurnalis, pembuatan rekaman video dan penulisan naskah berita,” tambah Budi.

Ditempat yang sama, Kepala SMAN 7 Binjai, Khaidir Nasution, S.Pd. M.M berharap kegiatan pelatihan jurnalis ini menjadi tambahan ilmu pengetahuan bagi siswa-siswi yang nantinya bisa di implementasikan sebagai pengalaman bagaimana cara kerja untuk menjadi seorang wartawan dan bisa membedakan mana informasi media sosial dengan sebuah berita.

“Mudah-mudahan kegiatan ini bermanfaat bagi seluruh siswa-siswi. Sebab sekarang ini dunia jurnalistik sangat berkembang pesat dengan adanya media siber,” cetusnya.

Pada kesempatan tersebut, Anggota Komisi X DPR-RI, Prof Ir Djohar Arifin turut hadir untuk memberikan beasiswa kepada siswa-siswi berprestasi dan kurang mampu. Hal ini sebagai bentuk perhatian anggota DPR -RI terhadap dunia pendidikan.

Djohar Arifin juga mengapresiasi kegiatan yang dilaksanakan PWI Binjai dalam memberikan edukasi maupun pembelajaran mengenai dunia jurnalistik.

“Saya sangat apresiasi kegiatan ini. Kedepannya, siswa-siswi ini sudah memahami apa sebenarnya tugas dan fungsi media dan wartawan dalam suatu pemberitaan,” tutupnya.