Mendikbud Usulkan USU Terapkan Program Merdeka Belajar

  • Whatsapp
Mendikbud Usulkan USU Terapkan Program Merdeka Belajar
Kampus USU.

digtara.com – Dalam rangka Peringatan Dies Natalis ke-68 Tahun USU secara daring, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Nadiem Anwar Makarim ajak seluruh alumni Universitas Sumatera Utara (USU) untuk berkontribusi dalam membangun negeri melalui program Merdeka Belajar-Kampus Merdeka. Mendikbud Usulkan USU Terapkan Program Merdeka Belajar

Program itu dilakukan guna menciptakan Sumber Daya Manusia (SDM) yang unggul menuju Indonesia maju pada Senin, 19 Oktober 2020.

“Ini sangat penting untuk mempersiapkan diri, agar mahasiswa betul-betul siap bekerja dan tak hanya ‎menguasai teori saja. Melainkan mempraktekkan dan berkontribusi dengan tujuan semua mahasiswa lulusan USU mampu berpikir merdeka,” ujarnya.

Muat Lebih

Dikatakannya, USU memiliki visi dan misi yang sejalan untuk menghasilkan lulusan menjadi pelaku perubahan. Ia menyarankan para akademisi USU harus mampu berkiprah dalam segala bidang dan terbaik di bidangnya.

“Semangat kampus merdeka adalah untuk menghadirkan sebanyak mungkin lulusan terbaik dan sebanyak mengirim mahasiswa dan dosen keluar kampus,” jelasnya.

Rektor USU, Prof Runtung Sitepu ‎menuturkan pihaknya sangat mendukung kebijakan Pemerintah untuk menerapkan Merdeka Belajar-Kampus Merdeka.

“Kebijakan ini meliputi 8 kegiatan merdeka belajar yang mencakup magang/praktek kerja, proyek di desa, mengajar di sekolah, pertukaran pelajar/transfer kredit, penelitian/riset, kegiatan wirausaha, studi/proyek independen, dan proyek kemanusiaan,” terangnya.

Ia juga mengatakan Kemdikbud telah menawarkan kegiatan seperti Program Bantuan Program Studi Menerapkan Kerja Sama Kurikulum MBKM, International Credit Transfer, dan Permata Sakti.

“USU segera mengadopsi dan mengimplementasikan kebijakan tersebut mengingat tantangan yang dihadapi para alumni di era revolusi industri 4.0 ini sangat berbeda dari era-era sebelumnya,” ungkapnya.

[ya]  Mendikbud Usulkan USU Terapkan Program Merdeka Belajar

Saksikan video-video terbaru lainnya hanya di Channel YoutubeDigtara TVJangan lupa, like comment and Subscribe.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan