Ini Keutamaan Memberikan ASI Kepada Bayi Baru Lahir

  • Whatsapp
Ini Keutamaan Memberikan ASI Kepada Bayi Baru Lahir
Ilustrasi: Menyusui (Internet)

digtara.com –  Pemberian ASI kepada bayi yang baru lahir sangatlah penting. Sebab di dalamnya terdapat nutrisi yang baik dan dapat mendukung tumbuh kembang bayi. Kemudian membentuk imunitas tubuh bayi agar tidak mudah terserang penyakit.

Allah Subhanahu wa ta’ala berfirman dalam Surah Al Balad Ayat 4–10:

 

Muat Lebih

لَقَدْ خَلَقْنَا ٱلْإِنسَٰنَ فِى كَبَدٍ

“Sesungguhnya Kami telah menciptakan manusia berada dalam susah payah.”

 

أَيَحْسَبُ أَن لَّن يَقْدِرَ عَلَيْهِ أَحَدٌ

“Apakah manusia itu menyangka bahwa sekali-kali tiada seorang pun yang berkuasa atasnya?”

 

يَقُولُ أَهْلَكْتُ مَالًا لُّبَدًا

“Dan mengatakan: ‘Aku telah menghabiskan harta yang banyak.”

 

أَيَحْسَبُ أَن لَّمْ يَرَهُۥٓ أَحَدٌ

“Apakah dia menyangka bahwa tiada seorang pun yang melihatnya?”

 

أَلَمْ نَجْعَل لَّهُۥ عَيْنَيْنِ

“Bukankah Kami telah memberikan kepadanya dua buah mata.”

 

وَلِسَانًا وَشَفَتَيْنِ

“Lidah dan dua buah bibir.”

 

وَهَدَيْنَٰهُ ٱلنَّجْدَيْنِ

“Dan Kami telah menunjukkan kepadanya dua jalan.”

 

Dikutip dari buku pintar ‘Sains dalam Alquran Mengerti Mukjizat Ilmiah Firman Allah’ yang ditulis Dr Nadiah Thayyarah, menurut Ibnu Abbas makna kata najdain dalam ayat di atas adalah dua payudara.

Berbagai studi menyimpulkan bahwa ASI dapat meningkatkan kecerdasan anak. Anak-anak yang di masa kecilnya mendapat ASI yang cukup lebih cerdas ketimbang anak yang tidak mendapatkannya.

Kehangatan dan kasih sayang yang didapat bayi dari ibunya dalam menyusu dapat menanamkan rasa kasih sayang yang kelak tecermin dalam hubungannya dengan lingkungan sekitarnya.

Allah Subahanahu wa ta’ala berfirman:

وَٱلْوَٰلِدَٰتُ يُرْضِعْنَ أَوْلَٰدَهُنَّ حَوْلَيْنِ كَامِلَيْنِ ۖ لِمَنْ أَرَادَ أَن يُتِمَّ ٱلرَّضَاعَةَ ۚ وَعَلَى ٱلْمَوْلُودِ لَهُۥ رِزْقُهُنَّ وَكِسْوَتُهُنَّ بِٱلْمَعْرُوفِ ۚ لَا تُكَلَّفُ نَفْسٌ إِلَّا وُسْعَهَا ۚ لَا تُضَآرَّ وَٰلِدَةٌۢ بِوَلَدِهَا وَلَا مَوْلُودٌ لَّهُۥ بِوَلَدِهِۦ ۚ وَعَلَى ٱلْوَارِثِ مِثْلُ ذَٰلِكَ ۗ فَإِنْ أَرَادَا فِصَالًا عَن تَرَاضٍ مِّنْهُمَا وَتَشَاوُرٍ فَلَا جُنَاحَ عَلَيْهِمَا ۗ وَإِنْ أَرَدتُّمْ أَن تَسْتَرْضِعُوٓا۟ أَوْلَٰدَكُمْ فَلَا جُنَاحَ عَلَيْكُمْ إِذَا سَلَّمْتُم مَّآ ءَاتَيْتُم بِٱلْمَعْرُوفِ ۗ وَٱتَّقُوا۟ ٱللَّهَ وَٱعْلَمُوٓا۟ أَنَّ ٱللَّهَ بِمَا تَعْمَلُونَ بَصِيرٌ

“Para ibu hendaklah menyusukan anak-anaknya selama dua tahun penuh, yaitu bagi yang ingin menyempurnakan penyusuan. Dan kewajiban ayah memberi makan dan pakaian kepada para ibu dengan cara ma’ruf. Seseorang tidak dibebani melainkan menurut kadar kesanggupannya. Janganlah seorang ibu menderita kesengsaraan karena anaknya dan seorang ayah karena anaknya, dan waris pun berkewajiban demikian. Apabila keduanya ingin menyapih (sebelum dua tahun) dengan kerelaan keduanya dan permusyawaratan, maka tidak ada dosa atas keduanya. Dan jika kamu ingin anakmu disusukan oleh orang lain, maka tidak ada dosa bagimu apabila kamu memberikan pembayaran menurut yang patut. Bertakwalah kamu kepada Allah dan ketahuilah bahwa Allah Maha Melihat apa yang kamu kerjakan.” (QS Al Baqarah: 233)

Masa menyusui, sebagaimana yang ditentukan para ulama, paling singkat adalah enam bulan dan paling sempurna adalah dua tahun.

Di antara faedah menyusui dengan ASI bagi ibu adalah dapat meminimalisasi potensi terkena kanker payudara. Memang penyebabnya sampai sekarang belum diketahui. Namun, para ahli mendapati bahwa semakin perempuan banyak menyusui, ia akan semakin terhindar dari kanker payudara.

[AS]

 

 

Saksikan video-video terbaru lainnya hanya di Channel Youtube Digtara TVJangan lupa, like comment and Subscribe.

 

Ini Keutamaan Memberikan ASI Kepada Bayi Baru Lahir

Pos terkait

Tinggalkan Balasan