Di Binjai, Calon Pengantin Harus Tes Urine

  • Whatsapp
calon pengantin
Plt Kabid Ketahanan Kesejahteraan Keluarga DPPKB Binjai, Sri Ismawati SH (hendra/digtara)

digtara.com – Permohonan pasangan calon pengantin di Binjai meningkat hingga 50 permohonan dalam satu sepekan. Hal itu menjadi perhatian Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPPKB) Kota Binjai, Sumatera Utara. calon pengantin tes

Tak hanya memberikan penyuluhan tapi juga melakukan tes urine bagi calon pengantin.

Plt Kabid Ketahanan Kesejahteraan Keluarga DPPKB Binjai, Sri Ismawati SH mengatakan, sebelum melangsungkan pernikahan, seluruh calon pengantin akan diberikan penyuluhan tentang keluarga berencana.

“Jadi mereka kita berikan dulu pembinaan tentang keluarga berencana. Seperti cukup dua anak saja. Bagaimana keluarga sejahtera dan hal lainnya,” ujarnya, Kamis (4/3/21).

Selain itu, lanjutnya, pasangan calon juga akan dilakukan tes urine untuk mengetahui apakah pasangan tersebut terlibat dalam penyalahgunaan narkoba.

“Jika dari tes itu ada calon yang positif, maka hal itu kita kembalikan ke pasangan dan keluarganya. Apakah mau direhabilitasi atau setelah menikah baru di rehabilitasi. Semua itu tergantung keluarganya. Intinya agar pasangannya tau apakah yang bersangkutan terbebas dari narkoba atau tidak,” pungkasnya.

Sebelumnya, program tes urine ini dilakukan Pemko Binjai untuk menekan angka perceraian yang banyak terjadi akibat salah satu pasangannya terlibat penyalahgunaan narkoba.

Selain itu, penyuluhan pra nikah juga berguna untuk menciptakan pasangan yang harmonis dan dapat menciptakan generasi yang lebih baik dan berkualitas.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan