Bacaan Niat Puasa Rajab dan Keutamaannya

  • Whatsapp
Bacaan Niat Puasa Rajab dan Keutamaannya Berbuka Puasa dengan yang Manis
Kurma manis untuk berbuka puasa

digtara.comBulan Rajab 1442 H jatuh pada Jumat (12/2/2021) sore. Pada bulan tersebut, umat muslim dianjurkan untuk memperbanyak ibadah, salah satunya yaitu berpuasa. Lalu, apakah kamu sudah tahu bacaan niat puasa Rajab?

Puasa Rajab sendiri jatuh pada tanggal 1 Rajab 1442 H (Hijriah) atau jika dalam hitungan kalender Masehi bertepatan pada hari Sabtu tanggal 13 Februari 2021.

Bulan Rajab adalah bulan ketujuh dalam penanggalan Hijriah. Bulan tersebut pula yang menandakan bahwa bulan puasa Ramadhan semakin dekat.

Bulan Rajab juga menjadi salah satu bulan yang dimulakan Allah SWT. Selain itu, bulan ini juga termasuk bulan haram (bulan yang disucikan). Adapun bulan-bulan dalam kelender Hijriah yang masuk dalam bulan haram yakni: Muharam, Rajab, Dzulqa’dah, serta Zulhijjah.

Pada bulan haram tersebut, para umat muslim dianjurkan untuk memperbanyak berbuat kebaikan, seperti puasa, sholat sunah, bersholawat, berzikir, membaca Al Quran, bersedekah, dan menjauhi maksiat. Allah SWT berfirman:

“Sesungguhnya bilangan bulan pada sisi Allah adalah dua belas bulan, dalam ketetapan Allah di waktu Dia menciptakan langit dan bumi, di antaranya empat bulan haram. Itulah (ketetapan) agama yang lurus, maka janganlah kamu menganiaya diri kamu dalam bulan yang empat itu, dan perangilah kaum musyrikin itu semuanya sebagaimana mereka pun memerangi kamu semuanya, dan ketahuilah bahwasanya Allah beserta orang-orang yang bertakwa.” (QS. At-Taubah ayat 35).

Baca: Kalender Islam 2021 Lengkap Awal Puasa Tahun Ini 1442 H

Berikut Ini Bacaan Niat Puasa Rajab

Bagi umat muslim yang akan menjalankan ibadah puasa sunah di bulan Rajab, berikut ini bacaan niat puasa Rajab.

‘Nawaitu sauma ghodin fii syahri rajabi sunnatan lillahi ta’alaa’

Artinya: Aku berniat puasa sunah Rajab esok hari karena Allah SWT.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan